Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Sehari 4 Bencana Timpa Kota Batu

Penulis : Irsya Richa - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

03 - Oct - 2019, 09:05

Placeholder
kebakaran hutan dan lahan di petak 9B Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji, Rabu (1/10/3019) malam. (Foto: istimewa)

Cuaca cukup ekstrem yakni angin kencang melanda Kota Batu selama beberapa hari. Pada Rabu (2/10/2019), selama satu hari ada 4 bencana yang menimpa Kota Batu.

“4 bencana itu dimulai atap kanopi diterjang oleh angin sehingga menimpa rumah warga. Kemudian ada pohon tumbang hingga kebakaran hutan dan lahan,” ungkap Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Batu, Achmad Choirur Rochim.

Rinciannya kenjadian angin kencang Rabu pukul 08.30 di jalan Dorowati, Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu. Angin Kencang yang terjadi di Kota Batu mengakibatkan atap kanopi milik MI Miftahul Ulum Kota Batu melayang dan menimpa atap rumah warga.

Atap rumah warga itu milik Ibu Kastriah dengan panjang 7 meter dan lebar 4 meter rusak. Masih karena angin kencang di Jalan Drs Moh Hatta, Desa Pendem, Kecamatan Junrejo, Kota Batu pukul 13.15.

Angin Kencang mengakibatkan pohon akarsia berdiameter 20 centimeter dan tinggi 12 meter tumbang ke jalan raya. Arus lalu lintas sempat ditutup untuk sementara waktu untuk dilakukan pembersihan.

“Selang 15 menit tepatnya pukul 13.30 WIB juga terjadi pohon tumbang di Jalan Ngukir, Dusun Ngukit, Desa Torongrejo, Kecamatan Junrejo, mengakibatkan pohon dengan diameter 100 centimeter dan tinggi 20 meter tumbang ke jalan dan menutup sebagian jalan,” imbuhnya.

Pohon yang tumbang itu mengakibatkan juga plengsengan ambrol dengan dimensi 2 meter dan tinggi 1,5 meter. Kemudian berlanjut pada malam hari terjadi kebakaran hutan dan lahan di petak 9B Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji.

“Pada pukul 18.40 WIB terpantau adanya titik api di hutan petak 9B1 di kawasan Perhutani Dusun Brau, Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji Kota Batu,” jelas Rochim.

Angin yang cukup kencang menyebabkan api cepat meluas membakar semak belukar dan pohon pinus di lokasi kejadian. Lahan seluas 2 hektar terbakar. “Nilai kerugian karhutla dikonversi dengan rupiah diperkirakan senilai Rp 150 juta,” tambahnya.

Setelah dilakukan pemadaman api, tim melakukan penyisiran sisa bara api, ditambah pembuatan sekat. “Segala upaya telah dilakukan tim untuk meminimalisir bencana, semoga nanti tidak berkelanjutan,” harap Rochim, Kamis (3/10/2019).

 


Topik

Peristiwa kebakaran-hutan-di-kota-batu bencana-angin-kencang BPBD-Kota-Batu



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

Sri Kurnia Mahiruni