Petugas saat memadamkan kebakaran lahan hutan Gunung Arjuno di area Kota Batu. (Foto: istimewa)

Petugas saat memadamkan kebakaran lahan hutan Gunung Arjuno di area Kota Batu. (Foto: istimewa)


Editor

A Yahya


Penanganan kebakaran lahan hutan Gunung Arjuno di area Kota Batu hingga Selasa (1/10/2019) terus dilakukan oleh tim pemadaman. Kondisi terkini seluruh api sudah terkondisikan atau padam.

“Lokasi yang terpantau ada titik api seluruhnya sudah terkondisikan, tinggal menyisakan kepulan asap dari sisa bara api yang sudah padam,” kata Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu, Achmad Choirur Rochim.

Ia mengatakan tim pemadaman kebakaran hutan Gunung Arjuno berjumlah 15 orang yang terbagi dalam 2 tim. Tim 1 berjumlah 8 orang dan tim 2 berjumlah 7 orang.

Untuk saat ini tim 1 dan tim 2 sudah turun dari lokasi kebakaran hutan dan bergabung di pos 3 Arjuno dan melakukan evaluasi. “Setelah diadakan evaluasi tim pemadaman kebakaran hutan akan melakukan koordinasi dengan tim di posko penanggulangan kebakaran hutan Gunung Arjuno untuk penjemputan di Brak Seng,” tambahnya.

Keseluruhan tim yang berupaya memadamkan itu  berjumlah 36 orang. Para personel itu berupaya untuk memadamkan api dengan cara manual.

Sedang kebakaran hutan itu terjadi pada Sabtu (28/9/2019) pukul 19.00 WIB di Gunung Arjuna tepatnya berada di Gunung Kembar Satu. Saat itu juga tim dari Tahura sejumlah 31 personel menuju lokasi untuk melakukan pemadaman secara manual dan api dapat dipadamkan.

Mereka pun melakukan pemadam secara manual. Tapi karena cuacanya yang berangin cukup kencang, sehingga muncul lagi itu pada Minggu (29/10/2019) pukul 09.00 WIB hingga hari ini.


End of content

No more pages to load