Salah satu calon kepala desa saat menandatangani deklarasi dama di Graha Pancasil, Balai Kota Among Tani, Senin (30/9/2019). (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Salah satu calon kepala desa saat menandatangani deklarasi dama di Graha Pancasil, Balai Kota Among Tani, Senin (30/9/2019). (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

‘Bersama-sama mematuhi setiap tahapan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak 2019, secara damai, sopan, bermartabat, dan penuh tanggung jawab dan dengan menjunjung demokrasi’, ya itulah salah satu kalimat dalam Deklarasi Damai yang diucapkan oleh 38 calon kepala desa dari 11 desa di Kota Batu di Graha Pancasila, Balai Kota Among Tani, Senin (30/9/2019).

Usai mengucapkan dengan lantang mereka satu per satu maju menandatangani Deklrasi Damai Pilkades serentak Kota Batu 2019 Aman, Sejuk, dan Damai. Disaksikan oleh Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko, Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso, Kapolres Batu AKBP Harviadhi Agung Prathama, Kajari Kota Batu Sri Heny Alamsari, dan sebagainya.

Deklarasi damai itu dilakukan sebab pada Rabu (2/10/2019) bakal diselenggarakan Pilkades di 11 desa Kota Batu. Totalnya ada 65.525 warga Kota Batu akan menyuarakan di balai desa masing-masing.

Ke 38 calon kepala desa itu yakni Kecamatan Junrejo ada 9 calon dari 3 desa. Rinciannya, di Desa Junrejo urutan nomor 1 oleh Hadi Wignyo dan nomor urut 2 oleh Andi Faisal Hasan.

Kemudian untuk di Desa Beji calon kepala desa ada Dedi Irawan mendapatkan nomor urut 1, Deni Cahyono nomor urut 2, dan Iwan Riswantoro nomor urut 3. 

Lalu di Desa Torongrejo nomor urut pertama oleh Kateni, urutan ke dua oleh Suliono, ketiga dipegang oleh Sugeng Santoso, dan ke empat Muhammad Yakni. 

Sedangkan di Kecamatan Bumiaji ada 15 calon kepala desa dari 5 desa.  Antara lain, di Desa Punten nama calon ada Suliani nomor urut 1 dan Hening Trisunu nomor urut 2.

Untuk Desa Gunungsari ada dua nama calon yakni Andi Susilo nomor urut 1, dan Suliono nomor urut 2. Di Desa Tulungrejo ada 5 nama calon yakni Prasetyono nomor urut 1, Mardianto nomor urut 2, Arochman Mustofa no urut 3, Adi Sasmiti no urut 4, dan Suliono no urut 5. 

Lainnya, di Desa Giripurno ada tiga nama calon di urutan nomor 1 ada Slamet, urutan nomor 2 ada Suntoro dan nomor urut 3 ada Maskut. Sedangkan di Desa Bumiaji memiliki tiga calon.

Yakni Suhariono urutan nomor 1, Ali mustofa nomor urut 2 dan Edy Suyanto nomor urut 3. Untuk di Kecamatan Batu ada 3 desa yang mengikuti, dengan 14 calon kepala desa. 

Desa Sumberejo memiliki 5 calon kepada desa, antara lain di urutan 1 ada Nurul Akbar, urutan ke 2 ada Novi Dwi Istika, ke 3 ada Riyanto, nomor urut 4 ada Gagas Aryo Seto, dan nomor urut 5 ada Tekat. 

Lalu di Desa Oro-Oro Ombo ada 4 Calon kepala desa anatara lain urutan pertama diduduki Heri Pranowo, ke dua ada Gatot Wusdua, ketiga adalah Lukito Bowo, dan Wiweko no urut 4.

Kemudian, untuk Desa Sidomulyo ada Hernanto nomor urut 1, dilanjutkan Hanaf nomor urut 2, Taufiq Abdul Rouf nomor 3, Suharto nomor 4, dan Juni Purnomo nomor urut 5.

Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko mengatakan, agar para calon kepala desa mentaati semua lima point deklarasi damai yang telah diucapkan di Graha Pancasila. “Mari kita taati semua, saya mendoakan sekali lagi semoga Rabu besok proses pilkades jadi lancar,” kata Dewanti.

Sedang Kapolres Batu AKBP Harviadhi Agung Prathama menambahkan, supaya dalam Pilkades mendatang aman, dan tertib. “Dan kami berupaya bahu-membahu kondisi yang kondusif,” ungkapnya.