Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab berfoto bersama para pemenang Festival Film Pendek Jombang dan pemenang desain poster Gus Dur. (Foto : Dokumentasi Diskominfo Jombang)

Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab berfoto bersama para pemenang Festival Film Pendek Jombang dan pemenang desain poster Gus Dur. (Foto : Dokumentasi Diskominfo Jombang)



Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo)  Kabupaten Jombang memberikan penghargaan bagi para pemenang Festival Film Pendek Jombang (FFPJ) 2019. Penghargaan diberikan langsung oleh Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab.

Penyampaian penghargaan kepada para pemenang dilakukan pada malam penganugerahan di Pendopo Kabupaten Jombang, Jumat (27/9) malam lalu. Acara dihadiri langsung oleh Bupati Jombang Mundjidah Wahab beserta jajaran OPD Pemkab Jombang dan jajaran Forkopimda Jombang.

Selain juara FFPJ, penghargaan juga diberikan bupati kepada para pemenang lomba desain poster digital Gus Dur dan lomba selfie Pawai Budaya Jombang.

Dikatakan Mundjidah, acara tersebut merupakan puncak dari rangkaian kegiatan pekan Bulan Berkunjung Jombang 2019 yang diselenggarakan setiap bulan September. "Ini agenda pamungkas dari rangkaian Bulan Berkunjung Jombang," ujar dia.

Bupati juga menyampaikan, karya yang menjadi pemenang saat itu merupakan hasil kreativitas para pemuda di Kota Santri. Diharapkan, potensi pemuda itu bisa membawa Jombang semakin berkarakter dan berdaya saing.

Ke depannya, sambung Munjidah, karya-karya anak muda tersebut bisa digunakan sebagai sarana memperkenalkan potensi wisata dan budaya yang ada di Jombang. "Peserta film pendek ini diharapkan agar nantinya bisa saling kerja sama untuk membuat film pendek yang menceritakan soal potensi yang ada di Jombang. Hasilnya nanti bisa diputar ke desa-desa sebagai hiburan rakyat juga," tandasnya.

Sementara, Kepala Diskominfo Kabupaten Jombang Budi Winarno mengatakan, FFPJ dan lomba desain poster ini dibuka sejak 1 April lalu. Proses seleksi atau penjurian hingga pengumuman pemenang diselenggarakan hingga tanggal 15 Agustus.

Dari 15 peserta karya film pendek, pemenang diambil 6 besar. Yakni untuk juara I, II dan III, serta harapan I, II, dan harapan III. Sedangkan pemenang lomba desain poster diambil 5 karya terbaik dan 10 karya favorit dari total 47 karya yang disetorkan ke Diskominfo Jombang.

"Tujuannya  menggali potensi minat dan bakat serta memberikan ruang bagi seluruh lapisan masyarakat guna mengembangkan kreativitas terhadap setiap kondisi di sekitarnya untuk diaktualisasikan dalam bentuk karya," kata Budi.

Selain itu, lanjut Budi, perlombaan yang dibuat Diskominfo Jombang ini juga sebagai sarana literasi bagi para pelajar. Diharapkan, para pelajar bisa menggunakan teknologi ke arah yang lebih positif.

 "Ini sebagai bentuk literasi kepada pelajar dan masyarakat agar mampu menggunakan media audio visual ke arah yang lebih positif. Sekaligus sebagai wadah mempromosikan Jombang sebagai daerah wisata dan industri kreatif," kata dia.

 


End of content

No more pages to load