ilustrasi (ist)
ilustrasi (ist)

Pasar properti di Kota Malang dinilai masih sangat potensial. Meski di tengah kelesuan ekonomi akibat tekanan global, kredit pemilikan rumah (KPR) yang dilakukan PT Bank Central Asia Tbk (BCA) dinilai masih on target. Hingga akhir semester I/2019, tercatat penyaluran KPR mencapai Rp 1,7 triliun. 

Secara nasional, Executive Vice President Consumer Loan BCA Felicia Mathilda Simon mengatakan penyaluran KPR mencapai Rp 90 triliun sampai akhir semester I/2019 . Pihaknya menargetkan hingga akhir tahun, angka kredit tersebut dapat menembus Rp 95 triliun. "Khusus untuk Kota Malang tercatat KPR menembus Rp 1,7 triliun sampai akhir semester I/2019," ujarnya. 

Felicia mengungkapkan, angka pertumbuhan KPR mencapai 3,38 persen year to date. "Dengan pencapaian sampai akhir semester I itu, kami optimistis target pertumbuhan penyaluran KPR sebesar 8 persen sampai akhir tahun dapat tercapai," urainya. 

Dia menekankan, bahwa angka pertumbuhan tersebut tidak mencakup KPR bersubsidi yang bukan merupakan target market BCA. "Sesuai dengan sekmen yang BCA main, tidak hitung KPR bersubsidi karena kami tidak main di sana. Growth (pertumbuhan kredit) BCA juga masih selaras dengan pertumbuhan industri," paparnya. 

Hal tersebut, lanjutnya, karena potensi market di Malang juga dinilai masih menggoda para investor. "Potensi market di Malang bagus. Kan BCA punya kantor kredit konsumen, pada saat kami memutuskan membuka kantor tersebut di suatu kota, tentu melalui serangkaian kajian. Apakah size kota tersebut berpotensi," tuturnya.

"Kami lihat di Jawa Timur, Malang ini menjadi salah satu kota penyangga yang bisa kami harapkan pertumbuhan di kredit konsumen. Apalagi dengan setelah dibukanya tol ini, pasti akan ada orang Surabaya yang ingin beli properti di Malang dan sebaliknya. Jadi akan ada sinergi positif," lanjutnya.

Upaya menggenjot penyaluran KPR, kata dia, salah satunya lewat program BCA Expo. Selama 2019, telah digelar BCA Expo di Jakarta, Palembang, Surabaya, Medan, Bandung, dan Semarang. Sedangkan BCA Expo 2019 di Malang pada 28-29 September 2019. "Dari enam lokasi animo masyarakat sangat luar biasa. Masih ada dua kegiatan BCA Expo lagi yang diharapkan dapat mendongkrak penyaluran KPR," ucapnya.

Namun, dia menegaskan, BCA Expo tentu saja bukan saja dimaksudkan untuk sekadar meningkatkan penyaluran kredit. Menurutnya, tujuan utama kegiatan tersebut lebih kepada meningkatkan loyalitas nasabah existing dan potensial kepada BCA dan anak perusahaannya.