Wakil Bupati Sumenep, Achmad Fauzi didampingi Dinas Koperasi dan UMKM berswafoto dengan sepasang peserta karapan sapi tanggapan (ist)
Wakil Bupati Sumenep, Achmad Fauzi didampingi Dinas Koperasi dan UMKM berswafoto dengan sepasang peserta karapan sapi tanggapan (ist)

 Dinas Koperasi dan UMKM Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep menggelar Karapan Sapi Tanggapan, Rabu (25/9/2019). Gelaran dalam rangka Visit Sumenep 2019 tersebut dihelat di Lapangan Karapan Sapi Giling Sumenep dan dibuka langsung oleh Wakil Bupati Sumenep Achmad Fauzi.

Kegiatan karapan sapi tanggapan hari ini diikuti oleh enam pasang sapi. Enam pasang sapi beradu kecantikan berjalan sambil diiringi musik tradisional 'saronin' khas sumenep.

Wakil Bupati Sumenep, Achmad Fauzi dalam sambutannya menyampaikan, karapan sapi tanggapan merupakan sebuah budaya yang harus terus dilestarikan, sehingga tidak pernah hilang. "Karapan sapi tanggapan adalah identitas yang menjadi tanggung jawab kita. Jadi, perlu kita jaga kelestariannya sebagai warisan dari nenek moyang kita," kata Achmad Fauzi.

Menurutnya, kebudayan dan tradisi adalah warisan yang tak ternilai harganya yang telah diwariskan kepada kita dari pendahulu, salah satunya adalah karapan sapi tanggapan di mana dalam hal ini telah menjadi identitas kultural masyarakat Madura yang sudah terkenal hingga mancanegara. "Dengan komitmen bersama mari kita terus lestatikan budaya ini jangan sampai hilang dimakan oleh zaman," ujarnya.

Pihaknya juga menekankan, agar event karapan sapi tanggapan di Kabupaten Sumenep selalu terselenggara setiap tahun, sehingga tradisi para pendahulu tetap terjaga hingga akhir zaman.

Selain itu, ketua DPC PDI Perjuangan itu juga mengapresiasi kinerja Koperasi Sumenep. Koperasi sebagai tulang punggung Ekonomi daerah. "Kami berharap secara kolektif, Koperasi bisa diperkuat melalui Sumber daya Manusia (SDM)," jelasnya.

Selain itu, Pemerintah Sumenep juga membutuhkan koperasi yang siap bersaing secara global. Dengan cara memperluas jaringanya. "Insyallah jika koperasi kuat maka masyarakat sumenep akan sejahtera," pungkasnya.