Civitas IKIP PGRI Bali yang berfoto bersama civitas akademika Unikama pada kunjungan studi banding (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)
Civitas IKIP PGRI Bali yang berfoto bersama civitas akademika Unikama pada kunjungan studi banding (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama), menerima kunjungan studi banding dari Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Bali mengenai Publikasi Jurnal dan Workshop Laboratorium di Ruang Aula Multikultural Unikama.

Hadir dalam kunjungan studi banding tersebut, 59 mahasiswa bersama dosen maupaun dekan dari Fakultas Pendidikan Matematika dan Pengetahuan Alam (FPMIPA) IKIP PGRI Bali dan disambut civitas akademika Fakultas Sains dan Teknologi (FST).

Wakil Rektor III, Unikama, Dr. Joice Soraya SH, M.Hum menyambut baik kunjungan dari FPMIPA IKIP Bali. Dalam sambutannya, ia menyampaikan terima kasih pada FPMIPA IKIP Bali yang telah memilih Unikama dalam kunjungan studi banding.

"Saya berterima kasih atas kunjungan dari IKIP PGRI Bali di Unikama. Unikama ini merupakan kampus multikultural. Di sini mahasiswanya beragam, ada Jawa, NTT, Papua, NTB. Dengan segala macam fasilitas maupun keunggulan yang dimiliki Unikama, saya yakin kunjungan ini bisa memberikan hal bermanfaat bagi IKIP PGRI Bali," paparnya.

Dekan FST, Unikama, Dr. I Ketut Suastika, M.Pd menambahkan, jika dengan adanya kunjungan dari IKIP PGRI Bali, diharapkan adanya keberlanjutan dalam bentuk kerjasama-kerjasama yang saling menguntungan bagi Unikama maupun IKIP PGRI Bali.

"Ya bisa saja seperti adanya pertukaran nara sumber dalam seminar, mungkin juga pertukaran mahasiswa sana untuk kuliah di sini, dalam waktu tertentu, sehari atau dua hari, kemudian pertukaran penulisan artikel, jurnal," jelasnya.

Sementra itu, Dekan FPMIPA, IKIP PGRI Bali, Dr. I Wayan Eka Mahendra S.Pd., M.Pd, menjelaskan, jika secara umum, memang tujuan kunjungan mereka menjalin silaturahmi utamanya pada perguruan tinggi di bawah PGRI.

"Makanya yayasan kita juga menyarankan agar kita studi banding ke perguruan tinggi PGRI. Karena banyak perguruan tinggi di bawah PGRI yang bonafit, seperti salah satunya adalah Unikama," jelasnya.

Pihaknya juga menyampaikan, jika dalam hal ini, tak hanya Memorandum of Understanding (MoU) saja, namun nantinya juga akan berlanjut ke Memorandum of Aggrement (MoA).