Ketua DPRD Kabupaten Blitar Suwito.(Foto : Aunur Rofiq/BlitarTIMES)

Ketua DPRD Kabupaten Blitar Suwito.(Foto : Aunur Rofiq/BlitarTIMES)



Setelah melakukan pembahasan selama dua minggu, akhirnya secara resmi telah terbentuk lima fraksi DPRD Kabupaten Blitar. 

Ketua DPRD Kabupaten Blitar Suwito mengatakan, pembentukan ini terjadi setelah digelar rapat paripurna khusus dengan agenda pengumuman fraksi-fraksi DPRD Kabupaten Blitar. “Setelah melalui pembahasan selama dua pekan, akhirnya ada lima  fraksi yang ada di DPRD Kabupaten Blitar secara resmi telah terbentuk,” kata dia.

Menurut Suwito, pengumuman terbentuknya fraksi ini merupakan tindak lanjut hasil rapat pimpinan sementara DPRD Kabupaten Blitar tanggal 2 September 2019 dengan pimpinan partai politik (parpol). “Sebelum dibentuk fraksi-fraksi, kami terlebih dahulu melakukan pertemuan dengan masing-masing pimpinan parpol yang memiliki anggota DPRD Kabupaten Blitar,” jelasnya.

Dari lima fraksi itu, Fraksi PDI Perjuangan diketuai Sugeng Suroso. Kemudian Fraksi PKB dengan Ketua Idris Marbawi, Fraksi PAN dengan Ketua Andi Widodo, Fraksi GPN dengan Ketua Sugianto, dan terakhir Fraksi Golkar-Demokrat dengan Ketua Suswati.

“Setelah resmi terbentuk, semua fraksi akan membahas anggota yang akan dimasukkan dalam alat kelengkapan dewan ataau AKD,” ucapnya.

Sebelumnya jumlah fraksi DPRD Kabupaten Blitar pada periode 2014-2019 sebanyak enam. Yakni Fraksi PDI Perjuangan, Fraksi PAN, Fraksi PKB, Fraksi GPS, Fraksi Golkar, dan Fraksi Demokrat.

“Jumlah fraksi- periode tahun ini berkurang satu dibandingkan dengan periode sebelumnya yang berjumlah 6 fraksi. Namun demikian ini merupakan kesepakatan bersama untuk melanjutkan pembahasan AKD agar untuk segera melaksanakan tugas masing-masing anggota dewan,” pungkasnya.


End of content

No more pages to load