Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Peringati Muharam, Bupati Sebut Kepala Daerah Harus Bisa Jadi Orang Tua Anak Yatim

Penulis : Moh. Ali Mahrus - Editor : Yunan Helmy

20 - Sep - 2019, 09:31

Placeholder
Acara sholawat bersama dan santunan kepada anak yatim dalam memperingati bulan Muharam di Jember. (foto : istimewa / Jatim TIMES)

Bulan Muharram atau Asyura dalam kalender Islam merupakan bulan istimewa. Keistimewaan bulan ini adalah bulan yang disebut sebagai bulan Lebaran anak yatim. 

Hal itu sesuai dengan hadis Rasulullah yang tercantum dalam kitab Tanbighul Ghofilin: “Man masaha yadii ala  ra’si yatiim yaum asyura rafa’allohu ta’ala bi kulli sya’ratin darajah”. Artinya, barang siapa menyantuni anak yatim pada hari Asyura atau 10 Muharam, maka derajatnya akan dinaikkan oleh Allah SWT.

Meskipun banyak yang mengatakan hadis tersebut dhaif atau lemah, masyarakat menyebut menyantuni anak yatim di bulan Asyura hukumnya seperti "wajib". Atas dasar tersebut, Pemkab Jember mengajak masyarakat untuk ikut memuliakan dan menyantuni anak yatim.

“Sudah menjadi tugas kepala daerah untuk mengawal kesejahteraan masyarakat, khususnya para yatim dan piatu. Hal ini sesuai dengan ajaran yang dicontohkan oleh Rasulullah dalam menghormati dan memberikan perhatian kepada anak yatim,” ujar Bupati Jember dr Hj Faida MMR saat menggelar sholawat bersama 978 anak yatim di Pendopo Pemkab Jember.

Dalam kesempatan tersebut, bupati juga mengajak anak yatim dan yatim piatu untuk selalu mendoakan kedua orang tuanya, baik yang sudah meninggal maupun yang masih bersama. “Amal ibadah orang yang sudah meninggal, yang masih akan dicatat oleh Allah itu ada 3. Salah satunya adalah doa anak yang saleh. Karena itu, mari kita doakan orang tua kita yang sudah meninggal maupun yang masih bersama kita," ucap bupati.

 Kepada orang tua yang menjadi pendamping, bupati juga berpesan agar tidak berkecil hati. Sebab, Pemerintah Kabupaten Jember akan mengawal pendidikan anak yatim piatu sampai ke perguruan tinggi.

Selain pendidikan, pemerintah juga memperhatikan kesehatan mereka. “Asuransi kesehatan gratis bagi keluarga yatim piatu. Semoga menjadikan perlindungan buat keluarga mereka manakala sakit,” ujarnya.

Bupati juga menjelaskan, tahun lalu terdapat data 5.000 anak yatim piatu di Jember. Data terbaru juga menunjukkan ada 5.000 anak yatim piatu, sehingga ada 10.000 anak yatim. Keberadaan mereka itu akan diwadahi dalam sebuah perkumpulan. Wadah ini akan dibentuk secara bertahap.

Dalam kesempatan wawancara dengan wartawan, bupati mengatakan, festival yatim piatu bertujuan agar mereka saling bertemu. “Supaya mereka bisa bertemu satu dengan yang lain, bersilaturahmi dan tidak merasa sendiri,” jelasnya.

Festival anak yatim juga untuk memastikan semua kebutuhan administrasi kependudukan, seperti KIA, KK yang belum lengkap, maupun akte kelahiran,  dimiliki mereka.

Pada kegiatan ini, Faida juga untuk memberikan beasiswa yang menjadi program di Dinas Pendidikan. Beasiswa ini juga sudah termuat dalam peraturan bupati bahwa seluruh anak yatim memiliki hak atas akses beasiswa sampai mereka perguruan tinggi.

Tidak hanya itu. Dalam acara sholawat bersama ini, bupati juga juga membagikan bantuan melalui buku tabungan. Ini agar bisa berkesinambungan,  lebih mudah, dan mereka inklusi keuangan.

Ada program terbaru yang diberikan kepada anak yatim piatu. Yaitu program transportasi ke sekolah. Ada antar-jemput anak-anak yatim piatu di seluruh Kabupaten Jember.

Transportasi gratis itu dengan kupon, baik menggunakan ojek tradisional, angkutan kota, maupun angkutan perdesaan sesuai rute anak yatim. “Supaya mereka tidak terbebani. Selain itu, keluarga anak yatim juga akan mendapatkan jatah beras dari pemerintah daerah setiap bulannya,” pungkas bupati.


Topik

Pemerintahan jember berita-jember bulan-Muharram Bupati-Jember-dr-Hj-Faida-MMR- Pemkab-Jember santunan-anak-yatim-jember



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Moh. Ali Mahrus

Editor

Yunan Helmy