Ongki Surya Abdi (20) salah seorang dari tiga kawanan pelaku curat di Wilayah Hukum Polres Sumenep (Foto: Humas Polres Sumenep)
Ongki Surya Abdi (20) salah seorang dari tiga kawanan pelaku curat di Wilayah Hukum Polres Sumenep (Foto: Humas Polres Sumenep)

Ongki Surya Abdi (20) warga Dusun Gunung, Desa Jadung, Kecamatan Dungkek, Kabupaten Sumenep harus berurusan dengan pihak kepolisian setempat.

Pasalnya, Ongki Surya Abdi merupakan salah seorang dari tiga kawanan pelaku Pencurian dan Pemberatan (curat) di wilayah hukum Polres Sumenep.

Kasubag Humas Polres Sumenep AKP Widiarti mengatakan, pelaku (Ongki) ditangkap anggota Satreskrim Polres Sumenep di lapangan kasti Desa Grujugan, Kecamatan Gapura, pada hari Rabu (18/9/19) sekira pukul 17.00 Wib.

"Pelaku telah melakukan pencurian sepeda motor milik korban Sahwi (46), yang satu kecamatan dengan pelaku. Namun, pelaku melancarkan aksinya tersebut bersama kedua temannya, yakni Hasan dan Majudi," kata AKP Widiarti, Kamis (19/9/19).

Menurut AKP Widiarti kejadian itu terjadi pada Sabtu (16/9/18) lalu, sekira pukul 03.00 Wib di rumah milik korban Sahwi yang terletak di Dusun Gunung, Desa Taman Sare, Kecamatan Dungkek Sumenep.

Dalam aksinya, lanjut AKP Widiarti tiga kawanan pelaku curat tersebut berbagi peran yang berbeda-beda. Pelaku (Ongki) sebagai pemantau, sedangkan kedua pelaku lainnya sebagai eksekutor.

"Pelaku berhasil menggasak satu unit sepeda motor Honda Supra X 125 Nopol M 2563 VZ, 6 (enam) ekor burung love bird, uang tunai sebesar Rp 100 ribu dan 2 (dua) lembar sarung," jelasnya.

Akibat perbuatannya, pelaku akan dikenakan Pasal 363 ayat (1) ke 3e,4e dan 5e KUH Pidana. Sementara kedua pelaku lainnya masih dalam pengejaran petugas.