Suasana sosialisasi Implementasi Pemajuan Kebudayaan dalam Kegiatan Fasilitasi Partisipasi Masyarakat, Seniman dan Budayawan oleh Disbudpar Kota Malang (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES)

Suasana sosialisasi Implementasi Pemajuan Kebudayaan dalam Kegiatan Fasilitasi Partisipasi Masyarakat, Seniman dan Budayawan oleh Disbudpar Kota Malang (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES)



Perihal kebudayaan daerah tengah disorot. Lantaran, seiring perkembangan zaman saat ini tingkat pemahaman masyarakat akan budaya daerah seakan dianggap tergerus.

Melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Malang, sosialisasi Implementasi Pemajuan Kebudayaan dalam Kegiatan Fasilitasi Partisipasi Masyarakat, Seniman dan Budayawan digelar di Hotel Atria Kota Malang, Kamis (19/9).

Dalam kesempatan ini, sebanyak 150 peserta yang melibatkan seniman, budayawan, kelurahan, kecamatan, dan guru SMP se-Kota Malang turut hadir dalam sosialisasi tersebut.

Wali Kota Malang, Sutiaji menyampaikan peran budayawan dalam membantu Pemerintah Kota (Pemkot) Malang dalam melestarikan kebudayaan daerah dinilai cukup banyak. Pihaknya saat ini tengah konsen secara khusus dalam bidang tersebut.

"Banyak ya, bagaimana budaya itu maknanya tidak keluar dari aslinya. Faktor dari teman-teman budaya itu tidak lepas dari akar kebudayaan yang ada di Malang saat ini," ujar dia.

Pria yang akrab disapa Aji ini menjelaskan, masalah cagar budaya kini telah menjadi konsen dari Pemkot Malang. Mengingat hal itu juga yang menjadi peminatan bagi wisatawan yang mengunjungi Kota Malang.

"Sekarang dengan revolusi industri 4.0 yang semuanya serba IT, masuknya budaya sudah bisa dilihat melalui gadget-nya masing-masing. Ini kan luar biasa, maka bagaimana pendidikan karakter akan cagar budaya ini irisannya menjadi satu," imbuhnya.

Karenanya, melalui acara ini ia mengharapkan budayawan di Kota Malang mampu memberikan kontribusi yang lebih dalam meningkatkan kebudayaan daerah. 

"Karena menghargai orang juga bisa melalui sebuah karya. Harapannya memang teman-teman budayawan bisa memberikan kontribusi dan saran yang lebih baik dalam pemajuan kebudayaan daerah kita," pungkas dia.


End of content

No more pages to load