Komandan Brigif 9 Letkol Inf Andreas saat bertemu Bupati Jember Faida guna membahas Jember Army Festival. (foto : Izza / Jatim TIMES)
Komandan Brigif 9 Letkol Inf Andreas saat bertemu Bupati Jember Faida guna membahas Jember Army Festival. (foto : Izza / Jatim TIMES)

Peringatan HUT Ke-74 TNI di Jember Oktober mendatang bakal meriah. Hal ini seiring  rencana Pemkab Jember bersama Brigif 9 Kostrad dan Kodim 0824 Jember  menggelar Jember Army Festival. Kegiatan ini sendiri akan berlangsung selama satu minggu, yakni 5-13 Oktober.

“Jember Army Festival ini sudah direncanakan jauh-jauh hari. Tujuannya untuk menumbuhkan rasa nasionalisme warga. Segala persiapan sudah dimatangkan dengan menggelar pertemuan tiga institusi, yakni brigif, kodim, dan pemkab,” ujar Bupati Jember dr Hj Faida MMR.

Danbrigif 9 Raider Letkol Inf Andreas Nanang Dwi Prastowo SIP pada saat audiensi menjelaskan, rencana festival tersebut sejalan dengan Pemkab Jember. Tujuan  festival ini adalah untuk menumbuhkan rasa nasionalisme dan jiwa patriotisme masyarakat agar mengetahui semangat para pahlawan pendahulu.

Festival prajurit ini juga untuk menumbuhkan motivasi masyarakat dan generasi muda agar berperan aktif langsung dan berguna bagi negeri. “Dengan memberikan gambaran bahwa TNI sekarang modern,” jelas Andreas.

Acara akan dikemas dengan beberapa rangkaian kegiatan. Di antaranya, upacara peringatan HUT Ke-74 TNI, drama kolosal “Komandan Welut Putih”, demonstrasi BDM, defile pasukan, defile kendaraan, pameran alutsista, dan panggung prajurit.

“Acara nanti juga berbeda dengan tahun sebelumnya. Perbedaannya, sesuai masukan bupati, tahun ini akan melibatkan komunitas maupun masyarakat. Utamanya pada pemuda. Itu agar semua masyarakat dapat menikmati kegiatan ini,” ujar Andreas.

Ide kegiatan lain yang disampaikan bupati yakni pemotongan tumpeng oleh lansia saat upacara peringatan HUT TNI serta pelepasan 74 burung merpati. Selain itu, pada saat pameran alutsista, bupati menyarankan agar ada pemutaran film-film perjuangan. Pameran alutsista itu sendiri diharapkan dirancang lebih menarik dan efektif untuk dinikmati  masyarakat.