Siswa sekolah dasar saat mengikuti kegiatan HUT PMI di Alun-Alun Jember. (foto : Mutia / Jatim TIMES)
Siswa sekolah dasar saat mengikuti kegiatan HUT PMI di Alun-Alun Jember. (foto : Mutia / Jatim TIMES)

Inovasi PMI Cabang Jember mendapat apresiasi dari Bupati Jember dr H Faida MMR.  Hal ini menyusul diadopsinya konsep PMI Cabang Jember oleh PMI pusat yang nantinya akan diterapkan secara nasional. Yakni R2 Blood Jet (pengantaran darah cepat dengan kendaraan roda 2), pembinaan korps sukarela (KSR), serta pemberian SK unit KSR dan unit PMR.

“Inovasi PMI yang dinamis ini adalah sebuah cerminan peningkatan pelayanan dan peningkatan peran PMI. Sehingga keberadaan PMI bernar-benar diterima oleh masyarakat,” ujar bupati usai upacara HUT Ke-74 PMI di Alun-Alun Jember Selasa (17/9/2019).

Khusus untuk pelibatan KSR dan PMR ini, Bupati Faida menyampaikan bahwa hal tersebut merupakan bentuk dan wujud dari pembinaan, kaderisasi, penguatan, dan pengakuan yang konsisten. Sebab, KSR dan PMI merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari PMI. Selain itu, hal ini merupakan komitmen PMI Jember dalam rangka membantu mempersiapkan kader bangsa yang memiliki kepedulian dan integritas yang baik.

“DI usia yang ke-74, penting dilakukan sinergitas sejumlah pihak terkait. Yakni kesungguhan masyarakat, kebijakan pemerintah daerah, dan komitmen organisasi kemanusiaan untuk peningkatan peran dalam upaya pengurangan risiko bencana dan akan melahirkan ketangguhan dalam menghadapi bencana,” ujar bupati.

Kegiatan HUT PMI  ini sendiri, selain diperingati dengan upacara bendera, juga ada beberapa kegiatan. Di antaranya pemeriksaan kesehatan gratis, bersih-bersih Sungai Bedadung, pengukuhan pendonor 25 kali, sosialisasi anti-narkoba dan HIV/AIDS, seminar nasional, penghijauan serta kegiatan pelayanan kesehatan dan sosial lainnya.