Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Hiburan, Seni dan Budaya

Serial Kartun Spongebob Squarepants Kena Sanksi KPI, Warganet Ramai Protes dengan #SaveSpongebob

Penulis : Arifina Cahyati Firdausi - Editor : Yunan Helmy

16 - Sep - 2019, 08:06

Placeholder
Spongebob Squarepants (Source: Twitter)

Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) tengah ramai diperbincangkan publik. Bagaimana tidak, beberapa waktu lalu, KPI melayangkan surat teguran tertulis ke sejumlah stasiun televisi.

Salah satu yang kena teguran atau sanksi itu yakni kartun "Big Movie Family: The Spongebob Squarepants Movie" yang ditayangkan oleh Global TV.

Keputusan KPI melayangkan sanksi terhadap kartun ini mendapat reaksi dari warganet. Sejak kemarin, tagar #SaveSpongebob hingga pagi ini masih ramai di media sosial Twitter dengan jumlah tweet mencapai lebih dari 15 ribu pengguna.

Banyak warganet yang menyayangkan teguran bagi serial kartun Spongebob Squarepants itu. Apalagi,  kartun ini telah menemani keseharian tontonan mereka. 

Seperti yang diungkapkan oleh akun @handokotjung. "Spongebob mengajarkan bahwa selagi anak-anak, berimajinasi, bermain, dan bertemanlah seperti Spongebob dan Patrick, karena ketika dewasa biasanya kita akan berubah memandang hidup jadi mengejar uang seperti Tuan Krab atau menjadi bitter seperti squidward #SaveSpongebob," cuitnya.

Cuitan lainnya dilontarkan @nidauliaa_. "Spongebob nggak punya salah apa-apa, terus nonton kartun apalagi dong. Masa nonton azab terus #SaveSpongebob," tulisnya.

Teguran KPI atas kartun Spongebob ini dilatarbelakangi adanya adegan yang dinilai memuat unsur kekerasan. Yakni, saat adegan pelemparan kue tart ke muka dan memukul menggunakan kayu.

Akun @bbypisiway juga melontarkan tidak setuju dengan sanksi yang dijatuhkan KPI untuk kartun Spongebob tersebut. Menurut dia, banyak acara televisi lain yang lebih tidak mendidik dan seharusnya lebih diperhatikan KPI dibandingkan dengan film kartun khusus menghibur anak-anak.

"Ini yang katanya mau diilangin karena kekerasan? Trus nanti anak-anak disuruh nonton apa? Drama? Akun gosip? Film yang ada ngelawan ortu? Pembullyan hmm #SaveSpongebob, We love them," tulisnya.

@anggitaayuv juga bernada sama. "Sinetron-sinetron dijarke (dibiarkan), iki Spongebob muk kartun wis kat biyen jaman aku SD, lagi sak iki ditegur, coba KPI nalar sitik (Ini Spongebon hanya kartun dari dulu zaman SD, baru sekarang ditegir, coba KPI sedikit saja dinalar) #SaveSpongebob," ungkapnya.

Warganet lainnya khusus membuat meme Spongebob akan pamitan dengan dilayangkannya teguran oleh KPI tersebut. Seperti yang di posting oleh akun @tawieorld: "Done? #SaveSpongebob."


Topik

Hiburan, Seni dan Budaya Kartun-Spongebob-Squarepants-Kena-Sanksi Komisi-Penyiaran-Indonesia #SaveSpongebob KPI-sanksi-spongebob



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Arifina Cahyati Firdausi

Editor

Yunan Helmy