Petugas memberikan bunga dan cokelat pada salah seorang pengendara
Petugas memberikan bunga dan cokelat pada salah seorang pengendara

Satlantas Polres Banyuwangi membagi-bagikan bunga mawar dan cokelat gratis,  Sabtu (14/9/19) sore. Tapi tidak semua pengendara bisa mendapatkannya. Hanya pengendara yang tertib dalam berlalu lintas baik itu surat-surat maupun  kelengkapan kendaraannya. Bunga dan cokelat ini sebagai penghargaan karena sudah tertib berlalu lintas.

Kegiatan ini digelar di Jl. A. Yani tepatnya di depan Taman Makam  Pahlawan Makam Phalawan Banyuwangi. Sekitar pukul 15.30 WIB, anggota Polantas mulai melakukan razia kendaraan. Fokusnya adalah kendaraan roda dua.  Razia kali ini dipimpin langsung Kasat Lantas Polres Banyuwangi AKP AM Ridho Ariefianto.

“Meskipun operasi patuh telah selesai 11 September lalu, kegiatan Kepolisian berupa razia seperti ini tetap bergulir. Ini kita lakukan sebagai evaluasi saja. Apakah  operasi patuh itu benar-benar berhasil atau tidak. Apakah masih terdapat banyak pelanggaran,” kata AM Ridho usai pelaksanaan razia.

Hingga operasi selesai dilaksanakan, lanjutnya, ternyata hanya ditemukan 2 pelanggar. Dua pengendara itu diketahui tidak membawa surat-surat kendaraan. Sehingga bisa disimpulkan, operasi Patuh yang dilaksanakan awal September lalu telah memberikan pembelajaran bagi masyarakat untuk mematuhi peraturan lalu lintas dan melengkapi surat kendaraannya.

Dalam kegiatan tersebut, Polisi juga memberikan reward kepada pengendara yang tertib. Setelah dipastikan surat-surat dan kelengkapan kendaraan semuanya lengkap, pengendara diberikan hadiah berupa bunga dan cokelat. Saat menyerahkan hadiah ini, Polisi menghadirkan badut dengan karakter Polisi lalu lintas.

“Itu apresiasi dari Kepolisian untuk pengendara sepeda motor yang lengkap dan tertib. Kita berikan bunga dan cokelat bagi masyarakat yang tertib berlalu lintas. Ini juga bagian dari rangkaian HUT Korps Lalu Lintas yang ke-64,” pungkasnya.

Beberapa pengendara sempat terkejut saat mendapatkan bunga dan cokelat dari petugas. Mereka tidak mengira akan mendapatkan hadiah dari petugas Kepolisian apalagi pada saat pelaksanaan razia kendaraan.

“Ini benar-benar kejutan diberi hadiah bunga segar dan cokelat. Setelah diperiksa surat dan kelengkapan kendaraan saya, tiba-tiba diberi bunga dan cokelat,” ungkapnya.