Dokumentasi santunan El-Zawa kepada anak-anak yatim piatu. (Foto: Humas)

Dokumentasi santunan El-Zawa kepada anak-anak yatim piatu. (Foto: Humas)



Pusat Kajian Zakat dan Wakaf El-Zawa UIN Malang terus melakukan kegiatan bantuan sosial. Kali ini (Jumat, 13/9/2019), bantuan sosial diberikan kepada kaum dhuafa lansia di kelurahan Tunggulwulung, Kecamatan Lowokwaru, Malang.

Kepala kelurahan Tunggulwulung, Budiman SE, menyatakan bahwa acara ini sangat membantu bagi para dhuafa di wilayahnya.

“Sangat baik dan positif, ya. Alhamdulillah. Kami juga sangat berterima kasih kepada kampus,” ungkap nya.

Sejumlah 20 dhuafa lanjut usia telah mengikuti 4 kali acara santunan El-Zawa selama beberapa bulan terakhir.

Upaya El-Zawa untuk “membawa” acara ini ke kelurahan kali ini rupanya juga menuai pujian dari pihak kelurahan.

“Kalau di kelurahan kan UIN bisa silaturahmi ya. Yang tua-tua kan susah untuk transportasi (ke kampus). Kalau di sini lebih mudah,” jelas Budiman.

Perlu diketahui, bantuan El-Zawa tak hanya diberikan kepada lansia, namun juga anak-anak yatim piatu.

Dalam memperingati 10 Muharram yang lebih dikenal dengan sebutan Asyuro, El Zawa juga menggelar santunan kepada anak-anak yatim piatu dan pegawai UIN Malang di Masjid At Tarbiyah lantai 2 beberapa waktu yang lalu.

Selain menggelar santunan, El Zawa juga menggelar dzikir bersama dengan para anak yatim piatu, kaum dhuafa dan pegawai UIN Malang.

Ketua El Zawa, Nuril Yaqien, menyampaikan bahwa kegiatan santunan tersebut adalah dalam rangka untuk memperingati bulan Muharram.

"Agar mendapatkan keberkahan di bulan Asyura ini dengan berbagi kepada sesama," ucapnya.

Sementara itu, KH.Chamzawi selaku penasehat menyebutkan bahwa 10 Muharram (Asyuro) adalah bulan solidaritas, karena itu Nabi menganjurkan di bulan muharram ini untuk bersedekah kepada yang membutuhkan.

"Oleh sebab itu, di moment Asyuro ini untuk melaksanakan amalan-amalan yang baik salah satunya adalah dengan berbagi terhadap sesama", pungkas nya.

Ke depan, El-Zawa merencanakan untuk merayakan dies natalies UIN Maliki Malang sekaligus bantuan sosial, pengobatan gratis dan khitanan masal di Sumbersekar, Dau, Malang.


End of content

No more pages to load