Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Apresiasi Tingkat Kehadiran Warga di Pilkades Tahap II, Bupati Jember: Panitia Harus Tanggap dan Kooperatif

Penulis : Moh. Ali Mahrus - Editor : Yunan Helmy

12 - Sep - 2019, 17:19

Placeholder
Bupati Jember bersama dengan jajaran forpimda saat memantau pilkades di Desa Balung Lor, Kecamatan Balung. (foto : Minto SW / Jatim TIMES)

Pelaksanaan pemilihan kepala desa (pilkades) tahap II di Kabupaten Jember Kamis (12/9/2019) digelar,. Untuk pilkades tahap II kali ini, ada 37 desa di 6 kecamatan wilayah Jember selatan yang mengadakannya. Yakni Rambipuji (6 desa), Balung (7 desa), Puger (11 desa), Gumukmas (5 desa), Wuluhan (5 desa) dan Ambulu (3 desa).

Jumlah calon kepala desa yang mengikuti pilkades tahap II mencapai 117 orang yang terdiri dari 101 laki-laki dan 16 perempuan. Jumlah daftar pemilih tetap (DPT) 319.096. Rinciannya adalah DPT Rambipuji 50.904, Balung 47.804, Puger 82.476, Gumukmas 36.521, Wuluhan 65.312, dan Ambulu 36.079.

“Pilkades kali ini harus lebih baik dari tahap pertama kemarin. Pelaksanaanya akan terus kami lakukan evaluasi untuk pilkades berikutnya. Hari ini ada 10 titik desa yang kami lakukan monitoring untuk dijadikan sampling.buntuk Desa Rambipuji,  kami lihat antusias warga cukup baik. Namun ada beberapa catatan yang harus diperhatikan oleh panitia,” ujar Bupati Jember dr Hj Faida MMR saat di lapangan Rambipuji, tempat pemungutan suara.

Menurut bupati, catatan yang harus diperhatikan oleh panitia pilkades ditahap kedua ini adalah jumlah pemilih yang banyak, disertai dengan antusias warga yang cukup baik, agar diimbangi dengan memberikan layanan yang baik dan sigap.

 

“Seperti di Desa Rambipuji ini, jumlah pemilihnya cukup banyak, ada 17 ribu pemilih. Ini saya lihat antrean pemilih terlalu panjang. Hal seperti ini seharusnya diantisipasi oleh panitia dengan menambah meja pendaftar pemilih. Jangan sampai warga harus menunggu lama dan berpanas-panasan,” beber bupati.

Faida mencontohkan beberapa hal yang terjadi di pilkades tahap pertama beberapa waktu yang lalu agar tidak kembali terulang di pilkades tahap kedua. “Panitia harus kooperatif. Jangan sampai suara tidak sah lebih unggul dari suara sah hanya karena ketidaktahuan warga terhadap calon kadesnya, seperti yang terjadi pada pilkades tahap pertama kemarin,” ujar dia.

Bupati sendiri melakukan monitoring di 5 desa dengan didampingi Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo serta Kasdim 0824 Jember Mayor Sampak serta dari perwakilan dari Kejari Jember. Sedangkan monitoring 5 desa lainnya dipimpin oleh Wakil Bupati Jember Drs KH Abdul Muqit Arif. 

 


Topik

Pemerintahan jember berita-jember Pelaksanaan-pemilihan-kepala-desa-Kabupaten-Jember Kapolres-Jember-AKBP-Kusworo-Wibowo Kasdim-0824-Jember-Mayor-Sampak



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Moh. Ali Mahrus

Editor

Yunan Helmy