Petugas gabungan melakukan pemadaman api di area hutan produksi Karetan

Petugas gabungan melakukan pemadaman api di area hutan produksi Karetan



Sebuah kebakaran terjadi di area hutan produksi yang berada di petak 76a RPH Karetan, BKPH Karetan, KPH Banyuwangi Selatan, Dusun Sidodadi, Desa Karetan, Kecamatan Purwoharjo, Rabu (11/9/19). Kebakaran ini diduga terjadi akibat ulah manusia. Luas area yang terbakar mencapai 1,7 hektar.

Menurut Kabid Kedaruratan Dan Logistik BPBD Banyuwangi, Eka Muharram, kebakaran ini diketahui sekitar pukul 11.18 WIB. Ketika itu, petugas KRPH Karetan sedang melakukan patroli bersama Polsek Purwoharjo, mandor Polter dan anggota LMDH Hutan Lestari serta masyarakat Desa Karetan.

"Mengetahui kejadian tersebut, segera dilakukan tindakan pemadaman pada sumber api dengan memadamkan langsung ke titik api yang masih ada dan mencegah melebarnya kebakaran dengan membuat ilaran atau sekat bakar," kata Eka Muharram, Rabu siang.

Tindakan cepat petugas membuat kebakaran dapat segera diatasi. Dalam waktu kurang dari satu jam api sudah berhasil dijinakkan. Pemadaman menggunakan alat seadanya seperti gepyok bambu, ranting dan daun basah, parang dan alat penggaruk.

Mengenai penyebab kebakaran, Eka menyatakan, dari hasil cek lapangan diperkirakan ada orang  yang sembarangan membuang putung rokok atau adanya aktivitas perburuan satwa liar yang dilakukan oleh sekelompok orang. Jenis tanaman yang terbakar adalah rumput, alang - alang dan seresah daun jati kering.

"Kondisi kebakaran tersebut terjadi di permukaan tanah. Kebakaran ini tidak sampai merusak tegakan tanaman kehutanan," jelasnya.


End of content

No more pages to load