Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Wisata

Disbudpar Geber Pelatihan Pemandu Wisata, Masyarakat Bisa Ikut

Penulis : Pipit Anggraeni - Editor : Yunan Helmy

11 - Sep - 2019, 08:04

Placeholder
Ilustrasi wisatawan (Istimewa)

Sebagai kota wisata, Kota Malang memiliki kewajiban memberikan keamanan dan kenyamanan bagi para wisatawan yang datang. Baik itu turis domestik maupun mancanegara. Pemandu wisata punya peran penting di sini.

Melalui layanan yang baik oleh pemandu wisata, ada kemungkinan wisatawan ingin datang kembali ke Kota Malang. Atau, mereka menyampaikan cerita baik soal Kota Malang kepada keluarga dan temannya.

Sayangnya, saat ini jumlah pemandu wisata belum terlalu banyak. Padahal, kebutuhan akan pemandu wisata terus meningkat.

Kasi Promosi Wisata Disbudpar (Dinas Kebudayaan dan  Pariwisata) Kota Malang Agung H. Bhuana menyampaikan, saat ini pihaknya tengah memberikan pelatihan kepada masyarakat yang tertarik akan dunia wisata. Kegiatan pelatihan pemandu wisata itu dilaksanakan sejak September hingga pertengahan Oktober mendatang.

"Pelatihan pemandu wisata ini menggunakan anggaran dana alokasi khusus Kementerian Pariwisata RI yang diberikan kepada Disbudpar Kota Malang," kata dia.

Kegiatan pelatihan tersebut ditargetkan mampu meningkatkan kualitas dan jumlah pemandu wisata di Kota Malang yang lebih mumpuni dan profesional sesuai layanan guide. Sehingga, diharapkan jumlah wisatawan yang berkunjung terus mengalami peningkatan.

Kegiatan yang diberikan meliputi pelatihan untuk pemandu wisata sejarah, wisata budaya, dan wisata buatan. Jika ditotal, 120 orang dibutuhkan Pemkot Malang untuk dilatih dan dibina. Warga yang berminat diajak untuk bisa bergabung dalam pelatihan tersebut.

"Bisa daftar, dan beberapa syarat yang dibutuhkan seperti memiliki KTP Kota Malang atau tengah bekerja di tour travel yang berada wilayah Kota Malang. Kemudian bersedia mengikuti kegiatan pelatihan sesuai dengan program selama tiga hari. Kegiatan ini tidak berbayar alias gratis,” ungkap Agung.

 


Topik

Wisata Dinas-Kebudayaan-dan-Pariwisata-Kota-Malang Pelatihan-Pemandu-Wisata wisatawan-di-kota-malang wisata-malang



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Pipit Anggraeni

Editor

Yunan Helmy