Ketua Sementara DPRD Kota Malang, I Made Rian DK (Pipit Anggraeni/MalangTIMES).

Ketua Sementara DPRD Kota Malang, I Made Rian DK (Pipit Anggraeni/MalangTIMES).



DPRD Kota Malang merasa prihatin dengan dijualnya Museum Bentoel yang terletak di Jalan Wiro Margo Nomor 32, Kecamatan Klojen, Kota Malang. Lantaran selain menyimpan sederet koleksi bernilai sejarah, Museum Bentoel juga menjadi salah satu wadah edukasi yang keberadaannya sangat dibutuhkan masyarakat.

Ketua Sementara DPRR Kota Malang, I Mase Rian DK menyampaikan, setelah alat kelengkapan dewan terbentuk, ia akan meminta komisi terkait untuk melihat langsung kondisi Museum Bentoel sebenarnya. Karena museum tersebut amat sangat disayangkan jika harus dijual dan dihilangkan.

"Koleksi pasti ada yang menjadi bagian cagar budaya, dan itu juga penting untuk edukasi. Semestinya harus dipertahankan," katanya, Selasa (10/9/2019).

Menurutnya, dewan akan mengkaji lebih jauh aturan dan regulasi yang berkaitan dengan museum dan benda cagat budaya. 

Sehingga, ketika bangunan atau koleksi yang ada di dalamnya masuk kategori cagar budaya, maka ia mendorong agar Pemerintah Kota Malang dapat mengambil alih atau membeli museum untuk dapat dimiliki masyarakat.

"Ketika memang dalam aturan diperbolehkan, maka akan kami dorong ke sama (membeli museum). Tapi saat ini, pasti akan menjadi perhatian untuk diketahui lebih jauh," jelasnya.

Tak hanya itu, Made juga menyampaikan keprihatinannya terhadap beberapa bangunan dan benda bernilai sejarah yang banyak dirobohkan. Melalui Perda Cagar Budaya yang dimiliki, dia menegaskan agar dewan ke depan bekerja lebih maksimal dalam proses pengawasan. 

Karena sebagaimana fungsinya, dewan tidak hanya sebatas membuat aturan saja. Melainkan juga harus mengawasi setiap kebijakan yang dibuat.

"Kita sudah memiliki Perda Cagar Budaya. Maka sudah sepatutnya kita harus lebih tegas. Dewan bukan hanya sekedar buat usulan dan mengesahkan regulasi. Tapi setelah itu harus ada pengawasan yang jelas," tegas Made.

Sebelumnya, masyarakat utamanya pemerhati heritage sempat dikagetkan dengan kabar akan dijualnya Museum Bentoel. 

Salah satu museum yang menyimpan cerita bersejarah tentang perjalanan industri rokok di Kota Malang hingga masa perjuangan arek-arek Malang itu banyak diharapkan tetap dibuka sebagai bahan edukasi. Namun kabar terakhir, isi dalam museum telah kosong alias sudah tak ada lagi koleksi di dalamnya.

 


End of content

No more pages to load