Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko saat berada di Bus KPK saat di Balai Kota Among Tani, Selasa (10/9/2019).

Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko saat berada di Bus KPK saat di Balai Kota Among Tani, Selasa (10/9/2019).


Editor

Heryanto


Roadshow Bus Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Jelajah Negeri Bangun Anti Korupsi akhirnya nangkring di Kota Batu. Bus itu hadir di Kota Batu pada 10-11 September 2019 di Balai Kota Among Tani.

Bagi masyarakat umum, baik pelajar, guru, mahasiswa, dosen, aparat pemerintahan, komunitas, dan sebagainya yang penasaran dengan bus ini bisa datang yang menjelajahi bus yang sudah nangkring di beberapa kota sebelumnya. Termasuk di Kota Malang.

Bus itu disulap layakya berada dalam sebuah kantor. Di dalamnya terdapat fasilitas komputer, buku, dan sebagainya tentunya bisa dinikmati dengan nyaman.

Bus itu memang dihadirkan KPK dengan tujuan sebagai media sosialisasi pencegahan korupsi yang merupakan upaya panjang yang harus dilakukan oleh KPK. 

KPK harus secara kongkrit berinteraksi dengan masyarakat untuk memberikan pengetahuan mengenai korupsi dan bagaimana cara melawannya.  

“Selain itu, mencegah korupsi dibutuhkan inovasi dan strategi, salah satunya dengan menghadirkan KPK secara langsung di tengah-tengah masyarakat, untuk menjembatani upaya pencegahan korupsi yang dilakukan oleh KPK dan masyarakat umum,” kata Penasehat KPK, Sarwono Sutikno.

Sementara itu, Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko menambahkan, baru tahun 2019 ini Kota Batu mendapatkan jatah menjadi tempat road show KPK selain Jawa Tengah dan Bali.

“Lewat media bus itu agar bisa mengedukasi dan mendekatkan diri kepada masyarakat di Kota Batu,” ungkap Dewanti.

Menurutnya, road show KPK menggunakan media bus sangatlah tepat. Sebab untuk mengupayakan pencegahan dini korupsi sejak usia sekolah. Juga menambah wawasan dan menjawab rasa pensaran masyarakat di Kota Batu tentang KPK.

Sedang pembukaan kegiatan ini, diawali dengan penanda tanganan pakta integritas sebagai zona bebas korupsi olh Wali Kota Batu. Kemudian dilanjutkan dengan peninjauan bus KPK, penandatangan anti korupsi, dan peninjauan stand pelayanan rintisan anti korupsi milik Pemkot Batu. 

Dalam kegiatan tersebut Kejari Kota Batu, juga dihadiri oleh Kejari Kota Batu Sri Heny Alamsari, Kapolres Batu AKBP Budi Hemranto, Ketua Sementara DPRD Kota Batu, Cahyo Edi Purnomo, Dandim 0818 Letkol Inf Ferry Muzawwad, dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkot Batu.


End of content

No more pages to load