Inilah ikan paus sepanjang 6 meter yang terdampar di Pantai Selatan Lumajang (Foto : Moch. R. Abdul Fatah / Jatim TIMES)

Inilah ikan paus sepanjang 6 meter yang terdampar di Pantai Selatan Lumajang (Foto : Moch. R. Abdul Fatah / Jatim TIMES)



Seekor ikan paus tutul sepanjang 6 meter, Senin (9/9) petang kemarin ditemukan warga terdampar di pantai selatan Lumajang, tepatnya di dusun Kajaran desa Bades Kecamatan Pasirian.

Ketika pertama kali ditemukan, ikan paus tersebut ekornya masih sempat bergerak, dan kemugkinan masih hidup. Namun karena bentuknya yang sangat besar, warga tidak bisa mengembalikan ikan paus tutul tersebut ke pantai, sampai akhirnya mati, karena terlalu lama berada di daratan.

"Pertama ditemukan sekitar pukul 18.00 atau setelah magrib. Kemudian penemuan ini dilaporkan kepada kepada dusun setempat, lalu diteruskan kepada Polsek Pasirian," kata Kapolres Lumajang AKBP DR. Muhammad Arsal Sahban S.IK.

Ketika polisi  datang ke lokasi, paus tutul ini masih dalam kondisi utuh. Untuk menjaga bangkai paus tersebut, pihak Polsek Pasirian melakukan pengamanan, sampai pihak yang berwenang melakukan evakuasi terhadap bangkai ikan paus tutul ini.

Kejadian terdamparnya ikan paus ini merupakan kedua kalinya dalam waktu beberapa bulan terakhir. Sebelumnya bahkan ukurannya lebih besar dari paus yang terdampar kemarin.

Kali ini berukuran panjang 6 meter dengan lebar 1 meter. Paus ini diperkirakan terseret ombak pasang sampai ke pantai dan tidak bisa kembali ke laut karena ukurannya terlalu besar.

"Kami akan mengawasi bangkai paus ini agar tidak dieksploitasi oleh warga dan tetap utuh hingga pihak instansi terkait datang guna evakuasi bangkai ikan ini,” tegas Kapolres Lumajang. 


End of content

No more pages to load