Warga saat berusaha memadamkan rumah milik Ismail yang terbakar (foto : R. Ulum / Jatim TIMES)

Warga saat berusaha memadamkan rumah milik Ismail yang terbakar (foto : R. Ulum / Jatim TIMES)



Nasib apes dialami oleh keluarga Ismail (40 warga Dusun Panggul Melati, Desa Kepanjen Gumukmas Jember pada Selasa (10/9/2019), rumah yang selama ini ditempati bertiga dengan anak dan istrinya ini ludes terbakar, dan tidak tersisa sama sekali, beruntung istri dan anak semata wayangnya selamat dari musibah tersebut.

“Kejadian persisnya saya tidak tahu, sebab saat itu saya berangkat kerja ke Jember, tapi belum sampai tempat kerja, saya dapat telepon kalau rumah saya terbakar, akhirnya saya langsung kembali, dan mencari anak saya, beruntung anak dan istri saya selamat, walau rumah saya habis, juga sepeda motor yang tadi diselamatkan oleh tetangga saya,” ujar pria yang bekerja sebagai kuli bangunan sambil menangis.

Warga yang dibantu TNI dan Polri dalam upaya memadamkan api yang membakar rumah Ismail terlihat kesulitan. 

Selain lokasi rumah yang tidak jauh dari pesisir pantai selatan, kondisi angin juga sangat kencang, dan api berhasil dipadamkan setelah satu jam kemudian.

“Tadi saya melihat ada asap dari dalam rumah, tidak lama setelah itu ada suara ledakan, saya melihat ada sepeda motor yang bisa saya selamatkan, langsung saja saya keluarkan, sedangkan barang-barang lainnya, seperti surat-surat sudah tidak bisa diselamatkan,” ujar Rijal (42) tetangga ismail.

Sedangkan Saiful Mahmud, tokoh masyarakat sekitar yang melihat kejadian ini, langsung bertindak dan mengajak warga lainnya untuk gotong royong membangun rumah milik Ismail.

“Kerugian dari kebakaran ini cukup banyak, apalagi saudara kita hanya bekerja sebagai kuli bangunan, oleh karenanya kami tergerak untuk membantu meringankan, dengan mengajak warga untuk gotong royong,” ujar Syaiful.


End of content

No more pages to load