Poster roadshow KPK RI ke Kota Malang. (Foto: Humas Pemkot Malang)
Poster roadshow KPK RI ke Kota Malang. (Foto: Humas Pemkot Malang)

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI kembali mendatangi Kota Malang. Tapi, tenang saja. Agenda kunjungannya kali ini bukanlah untuk melakukan pemeriksaan ataupun penangkapan kasus korupsi.

Kali ini, kedatangan tim lembaga anti-rasuah tersebut dalam rangka Roadshow Bus Anti-Korupsi KPK yang juga dilakukan ke 28 kota dan kabupaten di Provinsi Jawa Timur, Bali, dan Jawa Tengah. Kota Malang kebagian hajatan tersebut selama tiga hari, mulai besok (Jumat, 6/9) hingga Minggu (8/9).

Acara roadshow tersebut bakal digelar di halaman Balai Kota Malang. Segala macam persiapan untuk mengisi tenda-tenda menyambut Bus KPK juga telah dipersiapkan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Malang.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Malang  Wasto menyatakan pihak Pemkot Malang telah siap menyambut dan memfasilitasi Roadshow Bus KPK kali ini. Ia berharap, datangnya KPK ke Kota Malang bisa lebih memberikan pemahaman dan kesadaran lebih lanjut mengenai tindak pidana korupsi, baik bagi lingkup organisasi perangkat daerah (OPD) maupun masyarakat Kota Malang.

"Sehingga ada pencegahan (tindak pidana korupsi) yang secara spirit muncul dari personal masing-masing," ungkap dia.

Nah, beragam acara juga bakal meramaikan Roadshow Bus KPK ini. Mulai dari pengenalan beragam produk anti korupsi seperti aplikasi JAGA, e-LHKPN, dan Gratifikasi Online (GOL). 

Kemudian, ada pameran pelayanan publik dari jajaran instansi internal dan eksternal Pemkot Malang. Sosialisasi JAGA untuk sektor pendidikan, serta sesi kegiatan sosialisasi, menonton film pendek, dan games interaktif yang dihadiri para siswa SD-SMA sederajat. Dan juga ada diskusi publik Kota Malang yang bertempat di area bus dan Tanya Jubir KPK.

Lalu, workshop anti-korupsi untuk guru PKN tingkat SD/MI, SMP/MTS, dan SMA/SMK hingga pentas seni dan pemutaran film serta masih banyak lainnya. Sedangkan khusus Minggu (8/9) acara ini yang akan dikemas dalam bentuk kegiatan senam bersama dan sosialisasi anti korupsi di area CFD (Car Free Day) Jl Ijen Kota Malang.