Suasana pilkades Desa Candijati, Kecamatan Arjasa. (foto : Moh. Ali Makrus / Jatim TIMES)
Suasana pilkades Desa Candijati, Kecamatan Arjasa. (foto : Moh. Ali Makrus / Jatim TIMES)

Hari ini Kamis (5/89/2019) 45 desa di 7 kecamatan di wilayah Jember utara dan timur menggelar pemilihan kepala desa (pilkades) secara serentak.

Untuk memantau pelaksanaan pilkades berjalan lancar dan aman, Wakil Bupati Jember Drs KH Abdul Muqit Arief bersama dengan jajaran Forpimda Jember melakukan monitoring di beberapa desa yang sedang menggelar pilkades.

“Hari ini merupakan pilkades secara serentak tahap pertama di 45 desa. Dan kami bersama dengan kapolres dan dandim serta kajari melakukan monitoring di 6 desa. Alhamdulillah saya melihat antusiasme dan partisipasi warga cukup tinggi untuk hadir di tempat pemungutan suara karena memilih pemimpin itu sebuah kewajiban dan hak warga meskipun itu di tingkat desa,” ujar wabup.

Wabup berharap, selama pilkades berlangsung, warga tetap bisa menjaga kerukunan dan menjaga masing-masing daerah untuk tetap kondusif dan tidak mudah terprovokasi maupun terpancing emosinya. Sebab, kondusivitas pelaksanaannya merupakan salah satu tolok ukur keberhasilan pembangunan demokrasi dan persatuan serta kesatuan.

“Sejauh ini kami lihat situasi pilkades masih kondusif dan mudah-mudahan situasi seperti ini bisa bertahan sampai pasca-pilkades. Dan kami berharap warga juga bisa menjaga situasi seperti ini tidak hanya saat pilkades, tapi juga pasca-pilkades,” ujar wabup.

Sementara Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo SH SIK yang ikut mendampingi wakil bupati Jember melakukan monitoring pilkades sependapat dengan dengan wakil bupati. Yakni situasi kondusif agar tetap dijaga sampai selesai pelaksanaan pilkades nanti.

“Siapa pun yang menang nanti, saya berpesan agar tidak terlalu ber euforia dalam melampiaskan kemenanganannya. Tidak perlu melakukan konvoi yang berlebihan, yang justru menyakiti hati lawan. Begitu juga yang kalah, agar tetap kalah bermartabat dan tidak melakukan hal-hal yang justru akan merugikan dirinya sendiri maupun orang lain,” pungkas Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo.