Plt Bupati Malang Sanusi janjikan seluruh Kades sekolah S1 secara gratis (Nana)

Plt Bupati Malang Sanusi janjikan seluruh Kades sekolah S1 secara gratis (Nana)


Pewarta

Dede Nana

Editor

A Yahya


Plt Bupati Malang Sanusi yang akan menyelesaikan kepemimpinannya sampai 2021 mendatang tanpa adanya wakil, kembali melontarkan janji yang akan menggembirakan 378 kepala desa (Kades) di wilayahnya.

Janji Sanusi yang menurut beberapa informasi tinggal menunggu surat dari Kementerian Dalam Negeri untuk pelantikan dan penetapannya sebagai bupati Malang ini, adalah akan menyekolahkan seluruh kades ke jenjang pendidikan S1 secara gratis. 

"Saya canangkan program pendidikan gratis S1 untuk seluruh kades di Kabupaten Malang. Ini sebagai komitmen Pemkab Malang untuk mewujudkan sumber daya manusia (SDM) unggul seperti yang dicanangkan oleh Presiden Jokowi," kata Sanusi dalam acara pembukaan expo pembangunan, Rabu (04/09/2019).

Janji Sanusi tersebut, walau belum dipastikan kapan akan direalisasikan, tapi menjadi sebuah terobosan baru lagi di Pemkab Malang. Pasalnya, selain janji lainnya dalam upaya meningkatkan kepedulian pada Kades, selain sekolah S1 Gratis, ada juga terkait pengadaan mobil operasional bagi para pucuk pemimpin di 378 desa.

Sanusi menegaskan, bahwa dengan rata-ata pendidikan Kades yang hanya sampai SMP dan SMA, tentunya patut untuk Eris ditingkatkan. Sehingga akan lahir para kades yang memiliki keilmuan yang lebih tinggi dan eksesnya berbagai pembangunan di tingkat desa akan semakin berputar lebih cepat. "Dengan SDM unggul di perdesaan, tentunya akan membuat proses pembangunan semakin cepat, tepat sasaran dan berhasil guna dan manfaatnya," ujarnya.

Harapan besar tersebut, bukan hanya di kalangan Kades saja yang nantinya akan di-upgrade pendidikannyatapi, Sanusi juga berjanji akan menyekolahkan para guru untuk meningkatkan kualitasnya dalam menjalankan proses mengajar di berbagai sekolah di Kabupaten Malang.

"Para guru juga nanti kita programkan untuk ditingkatkan pendidikannya. Bagi yang masih SMA jadi S1 dan seterusnya," ungkap Sanusi yang memiliki target tinggi di dunia pendidikan. Yakni, nilai lulusan untuk sekolah dasar (SD) di seluruh Kabupaten Malang bisa mencapai nilai 9. "Ini target saya, bahwa pendidikan di SD, misalnya bisa sampai nilai 9 semuanya," tegasnya.

Sayangnya berbagai program tersebut, belum secara detail dihitung secara anggarannya. Misalnya untuk sekolah S1 seluruh Kades dan lainnya akan diambilkan dari sumber anggaran apa nantinya. Satu-satunya sumber anggaran yang hanya bisa dipergunakan untuk janji Sanusi adalah pendapatan asli daerah (PAD).

Tapi, dari beberapa narasumber yang tidak berkenan disebut namanya, memang menjadi sulit untuk direalisasikan di tahun 2020 dengan anggaran daerah untuk program yang dicanangkan tersebut. "Saya pikir sulit direalisasikan kalau untuk tahun 2020 datang. Ini program bagus sih, tapi tentunya anggaran sangat berperan juga nanti dalam merealisasikannya," ucapnya kepada MalangTIMES.com.


End of content

No more pages to load