Ketiga Pelaku saat digelandang di Mapolsek Sumbersari Jember (foto : ist / JatimTIMES)
Ketiga Pelaku saat digelandang di Mapolsek Sumbersari Jember (foto : ist / JatimTIMES)

Tim Serigala Polres Jember, berhasil membekuk 3 remaja komplotan yang melakukan tindak pidana perampasan dan penganiayaan berat terhadap pelajar SMP. Dua dari tiga pelaku berhasil dilumpuhkan dengan timah panas saat hendak melarikan diri ketika akan ditangkap.

Ketiga pelaku adalah, Bima Arbian Nugraha (19) warga Jl. Teuku Umar Tegal Besar Jember, Rafa Abigel (19) warga Jl. Harsoyo Kauman Mangli Jember, dan Faizal (20) warga Desa Wirowongso Ajung Jember.

“Ketiganya kami amankan dari rumahnya masing-masing, dua pelaku terpaksa kami beri tembakan terukur dan terarah di kakinya, karena berusaha melarikan diri saat hendak ditangkap,” ujar Kapolsek Sumbersari Jember Kompol Faruk Mustafa Rabu (4/9/2019).

Kapolsek menambahkan, tertangkapnya ketiga pelaku bermula dari laporan MWA (14) salah satu pelajar SMP di Jember yang menjadi korban penyekapan dan pembacokan yang dilakukan oleh ketiga pelaku di kamar kos pelaku yang ada di daerah Kampus di Jl. Bengawan Solo Sumbersari.

“Korban oleh ketiga pelaku dicekoki miras di kos-kosannya, ketika korban tidak sadar, salah satu pelaku membacok korban dan menguncinya di kos-kosan, sedangkan sepeda motor milik pelaku dibawa kabur dan dijual seharga 700 ribu oleh ketiganya,” beber Kapolsek.

Usai menjual sepeda motor korban, pelaku melarikan diri dan sembunyi ke beberapa tempat untuk menghilangkan jejak, namun keberadaan pelaku berhasil ditemukan oleh Tim Serigala Polres Jember. “Ketiganya sudah kami amankan untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya,” ujarnya.

Dari tangan pelaku, polisi berhasil mengamankan 1 unit sepeda motor Jupiter yang telah dijual, 1 buah pisau lipat Stanless setill dan roti kalung yang dibawa pelaku saat ditangkap. “Ketiganya kami jerat dengan pasal 365 tentang pencurian dan kekerasan dengan ancaman penjara di atas 5 tahun,” pengkas Kapolsek. (*)