Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Profil

Selamatkan Lumba-Lumba, Serda Muchtar Banjir Pujian

Penulis : Joko Pramono - Editor : Heryanto

03 - Sep - 2019, 18:19

Placeholder
Serda Muchtar (kanan) bersama Komandan Kodim 0807/Tulungagung, Letkol wildan Bachtiar (foto : Joko Pramono/Jatim Times)

Selain dari Komandan Kodim 0807/Tulungagung, Aksi spontanitas Serda Muchtar meyelamatkan ikan lumba-lumba pada hari minggu (1/9) lalu, mendapat pujian dari berbagai pihak. 

Termasuk dari Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo dan Kapolres Tulungagung, AKBP Tofik Sukendar.

Bahkan secara khusus kedua pejabat di Tulungagung itu akan memberikan reward atas aksi heroiknya tersebut.

“Nanti tentu saja ada (reward) dan saya ucapkan terima kasih,” ujar Maryoto, Selasa (2/9).

Ikan lumba-lumba kata Maryoto merupakan ikan yang dilindungi dan harus dijaga kelestarianya.

Senada, Kapolres Tulungagung, AKBP Tofik Sukendar juga akan memberikan reward pada Komandan Regu Provost Kodim Tulungagung tersebut. 

Menurutnya, apa yang dilakukan merupakan bentuk kepedulian terhadap hewan yang dilindungi oleh UU.

“Iya (kita) kita akan beri reward, ini merupakan contoh yang bagus,” ucap Kapolres.

Sejak hari Minggu (1/9/19) kemarin viral foto dan video seorang anggota TNI AD berseragam lengkap menggendong ikan lumba-lumba yang terdampar di pantai. 

Foto ini tersebar di media sosial facebook dan instagram. 

Pria berseragam loreng itu rela berbasah-basahan diterjang ombak demi menyelamatkan ikan yang dikenal cerdas itu.

Dari penelusuran awak media, diketahui pria berseragam loreng itu merupakan anggota Kodim 0807/Tulungagung, Serda Muhctar.

Komandan Kodim 0807 Tulungagung Letkol Inf Wildan Bahtiar mengatakan pihaknya telah menerima kabar tersebut dan mengklarifikasi pria dalam foto tersebut adalah anggotanya.

Serda Muchtar bertugas sebagai Komandan Regu provost Kodim 0807 Tulungagung.

Atas kepedulianya terhadap binatang yang dilindungi itu, Dandim mengapresiasi tindakan yang diambil anggotany. 

Pasalnya, selain menjaga keamanan NKRI, masing masing anggota TNI wajib peduli pada kejadian menonjol yang ada di sekitarnya, seperti penyelamatan binatang yang dilindungi.

“Itukan baik, wujud kepedulian kepada kelestarian binatang, bagus saya mengapresiasi tindakan anggota saya,” kata Dandim saat ditemui  awak media dikantornya, Senin (2/9/19).

Sementara itu Serda Muchtar tidak menyangka apa yang dilakukanya akan viral dan mendapat respon positif dari atasan dan masyarakat.

Meski awalnya dirinya sempat khawatir videonya yang viral tersebut akan dinilai negatif oleh netizen, padahal tujuanya hanya ingin menyelamatkan lumba lumba tersebut.

Serda Muchtar menceritakan, Minggu (01/08) kemarin dirinya bertugas mengamankan kegiatan di pantai gemah yang rencananya akan dihadiri oleh Komandan Kodim namun ternyata pimpinanya tidak hadir, karena masih ada waktu luang kemudian sekitar pukul 14.00 WIB dirinya bersama keluarga langsung menuju ke Pantai Klatak yang jaraknya tak jauh dari Pantai gemah.

Setelah lima menit duduk di pinggir pantai, tiba tiba ada ombak yang cukup besar datang, saat ombak tersebut kembali ke pantai, di depannya sudah ada ikan lumba lumba sepanjang 1 meter dengan berat lebih dari 50 kilogram, spontan dirinya langsung berupaya mengambalikannya ke laut.

“Saya ya kaget tiba tiba ada ikan besar dihadapan saya, spontan saya tolong, saya kembaliklan ke laut,”” tuturnya.

Tanpa berfikir panjang dirinya langsung berupaya menggendong lumba lumba tersebut yang mengalami luka pada bagian siripnya karena terkena karang tersebut, namun saking aktifnya lumba lumba itu membuat Muchtar harus jatuh bangun. 

Mengetahui dirinya menyelamatkan ikan itu, kemudain warga di sekitar pantai mulai berdatangan untuk membantunya.

Besarnya ombak dan sulitnya pantai yang bagian pinggirnya di penuhi karang membuat upayanya tersebut tidak berjalan mudah, dirinya harus berusaha sebanyak 3 kali hingga lumba lumba tersebut benar benar kembali ke tengah laut dan tidak terdampar lagi.

Demi menyelamatkan ikan itu, Serda Muchtar harus rela dompet, HP dan HT nya basah kena air.


Topik

Profil tulungagung-berita-tulungagung Bupati-Tulungagung -Maryoto-Birowo penyelamatan-ikan-lumba-lumba



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Joko Pramono

Editor

Heryanto