Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Menghitung Angka di Pilkades Serentak Kabupaten Jember

Penulis : Moh. Ali Mahrus - Editor : Yunan Helmy

02 - Sep - 2019, 12:02

Placeholder
Bupati Jember dr Hj Faida MMR saat memberikan sambutan pada acara deklarasi damai pilkades di Jember. (foto : Moh. Ali Makrus / Jatim TIMES)

Jika tidak ada halangan dan hambatan sesuai rencana, selama September 2019 ini, Kabupaten Jember akan menggelar pemilihan kepala desa (pilkades) secara serentak di 161 dari 226 desa di 28 kecamatan dari 31 kecamatan di Jember. Artinya, hampir 70 persen  desa di Jember akan menggelar pesta demokrasi bulan ini yang dibagi empat  tahap.

Pilkades untuk periode 2019-2025 kali ini akan melibatkan kurang lebih 1.117.694 pemilih. Tahap pertama pada  5 September 2019,  pilkades di wilayah utara dan timur Jember meliputi 45 desa di 7 kecamatan yang terdiri dari 162 calon -148 cakades laki-laki dan 14 cakades perempuan- dengan jumlah DPT 221.784 pemilih.

Disusul tahap kedua pada l 12 September untuk wilayah selatan Jember, ada  37 desa di 6 kecamatan yang  terdiri dari 117 cakades -103 cakades laki-laki dan 14 cakades perempuan- dengan jumlah DPT 319.096 pemilih.

Selanjutnya tahap ketiga 19 September 2019 untuk wilayah barat Jember. Ada  40 desa di 7 kecamatan yang terdiri dari 114 cakades -102 cakades laki-laki dan 12 cakades perempuan- dengan jumlah DPT 308.589 pemilih

Kemudian tahap keempat 26 September 2019 untuk wilayah Jember tengah dengan 39 desa di 8 kecamatan terdiri dari 115 cakades laki-laki dan 16 cakades perempuan dengan jumlah DPT 268.225 pemilih.

Total dari 161 desa di Jember yang menggelar pilkades tahun ini terdiri dari 508 cakades. Sebanyak 56 di antaranya adalah perempuan dan sisanya adalah calon kades laki-laki.

“Persiapan pelaksanaan dari seluruh unsur pendukung pilkades serentak saat ini telah siap, khususnya untuk pelaksanaan pilkades tahap pertama. Untuk tahapan kedua dan seterusnya, sudah 99 persen persiapannya, dan akan terus bersama-sama lakukan evaluasi untuk kami sempurnakan,” ujar Bupati Jember dr Hj Faida MMR.

Bupati berharap, pelaksanaan pilkades nantinya dapat berlangsung aman dan damai. Dan momentum deklarasi yang digelar hari ini bukan sekedar seremonial belaka, tetapi juga untuk mempertegas sikap peserta pilkades untuk berkomitmen dan konsisten dalam menciptakan situasi yang kondusif baik sebelum dan sesudah pelaksanaan pilkades di daerahnya masing-masing.

“Perlu kedewasaan dalam berpikir dan berperilaku untuk calon yang berkompetisi, karena persatuan dan kesatuan jauh lebih penting dibanding kepentingan sekedar menang dan kalah. Dan yang lebih penting lagi semangat kebersamaan dan persaudaraan dapat terjalin untuk membangun desa menuju Kabupaten Jember yang maju dan sejahtera,” pungkasnya. 


Topik

Peristiwa jember berita-jember Pemilihan-kepala-desa-di-kabupaten-Jember Cakades Bupati-Jember-dr-Hj-Faida-MMR



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Moh. Ali Mahrus

Editor

Yunan Helmy