Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Ditinggal Pergi Kerumah Anaknya, Bangunan Gedek di Tumpang Ludes Terpanggang

Penulis : Ashaq Lupito - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

01 - Sep - 2019, 08:38

Placeholder
Petugas gabungan beserta warga saat berupaya memadamkan kebakaran (Foto : Humas Polres Malang for MalangTIMES)

Satu bangunan yang terbuat dari gedek (anyaman bambu) di Jalan Nusa Indah, Desa Malangsuko, Kecamatan Tumpang, dikabarkan terbakar, Sabtu (31/8/2019) petang.

Berdasarkan informasi yang diperoleh MalangTIMES.com, peristiwa memilukan tersebut menimpa bangunan dapur rumah milik Mistar, warga setempat. ”Dari hasil penyidikan sementara, penyebab kebakaran diduga karena kelalaian pihak pemilik rumah. Setelah memasak air dengan kayu bakar, korban meninggalkan bara api dalam kondisi menyala sehingga menjalar ke bangunan yang terbuat dari gedek tersebut,” kata Kasubag Humas Polres Malang, AKP Ainun Djariyah, Minggu (1/9/2019).

Diperoleh keterangan, sekitar pukul 15.00 WIB, Mistar menyalakan kayu bakar untuk menyulut api yang digunakan untuk memasak air. Setelah memastikan api sudah menyala, pria 60 tahun itu lantas meninggalkan dapur untuk pergi ke rumah anaknya yang berlokasi di belakang rumah korban.

Sekitar satu jam berselang, adik korban yang diketahui bernama Bambang Siswanto berkunjung kerumah Mistar. Setibanya di lokasi kejadian, pria 40 tahun itu sudah mendapati seisi ruangan dapur sudah terbakar.

Mengetahui insiden ini, Bambang kemudian mengabarkan ke Mistar sebelum akhirnya berupaya memadamkan api menggunakan peralatan seadanya. Warga yang mengetahui peristiwa kebakaran tersebut juga turut membantu memadamkan kebakaran. Sedangkan beberapa warga lainnya memilih untuk melaporkan ke perangkat desa setempat, dan dilanjutkan ke pihak kepolisian.

Jajaran kepolisian Polsek Tumpang beserta petugas PMK Kabupaten Malang yang mendapatkan informasi, langsung dikerahkan ke lokasi kejadian. ”Tidak ada korban jiwa atas peristiwa kebakaran ini, hanya saja kerugian ditaksir mencapai Rp 10 juta. Kasusnya masih dalam tahap penyidikan, petugas Polsek Tumpang masih mendalami keterangan dari beberapa saksi dan hasil olah TKP di lokasi kejadian,” terang Ainun.

Terpisah, Kepala Seksi PPBK (Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran) Kabupaten Malang, Agus Suyanto menuturkan, guna mengambil tindakan pemadaman. Pihaknya menerjunkan beberapa personel dan dua mobil pemadam kebakaran. ”Api tidak sampai meluas ke pemukiman warga sekitar, kebakaran bisa dipadamkan sekitar dua jam paska insiden terjadi,” pungkasnya.

 


Topik

Peristiwa kabakaran-rumah kebakaran-di-kabupaten-malang polres-malang



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Ashaq Lupito

Editor

Sri Kurnia Mahiruni