Suwito Saren Satoto

Suwito Saren Satoto



Tidak ada waktu bersantai bagi pimpinan sementara DPRD Kabupaten Blitar. Sebab, tiga bulan lagi, Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Blitar tahun anggaran 2020 harus sudah ditetapkan.

Di sisi lain, fraksi-fraksi dewan yang nantinya merekomendasi pengisian alat kelengkapan dewan (AKD) kini masih dijadwalkan pembentukannya.

Ketua sementara DPRD Kabupaten Blitar Suwito Sarsen Satoto mengatakan dirinya bakal menyurati pimpinan partai politik (parpol) yang memiliki anggota legislatif periode 2019-2024. Rencananya, Senin (2/9/2019) mendatangkan tokoh-tokoh partai ini dipertemukan untuk membahas pembentukan fraksi dewan. “Tadi kami baru saja rapat dengan pimpinan sementara lainnya dan sekretariat dewan bahas terkait ini,” kata Suwito.

Dia mengungkapkan, pembentukan fraksi-fraksi dewan menjadi tugas pertama yang akan diselesaikan pimpinan sementara DPRD. Sebab, alat kelengkapan dewan (AKD) seperti komisi dan badan yang ada di lembaga DPRD terbentuk atas rekomendasi  fraksi. Fraksi dewan yang nanti mendistribusikan anggotanya untuk mengisi pos-pos AKD tersebut.

Sejalan dengan pembahasan fraksi-fraksi dewan ini, Suwito akan memanfaatkan momen tersebut untuk mendorong partai yang memiliki jatah pimpinan dewan agar segera mengusulkan nama anggotanya.

Diketahui ada empat orang pimpinan DPRD, terdiri dari seorang ketua dan tiga orang wakil ketua. Partai peraih kursi terbanyak secara otomatis memiliki jatah ketua DPRD. Sedangkan  tiga partai peraih kursi terbanyak lainnya akan mengisi posisi wakil ketua. “Yang sudah di sini. Untuk menjadi pimpinan dewan ini kadang membutuhkan rekomendasi dari pusat atau DPP,” terangnya.

Terakhir, anggota dewan periode 2014-2019 lalu telah melakukan pembahasan bersama eksekutif sampai dengan kebijakan umum anggaran (KUA) dan prioritas platfrom anggaran sementara (PPAS) tahun anggaran 2020. KUA-PPAS tersebut telah disetujui dan kini telah dikirim ke provinsi untuk dievaluasi gubernur. 

“Mudah-mudahan tidak lama setelah selesai evaluasi gubernur, AKD sudah terbentuk. Jadi, bisa segera dilakukan pembahasan untuk rancangan APBD 2020,” pungkasnya.


End of content

No more pages to load