Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Lima Kecamatan Lunas PBB-P2, Bapenda Optimis Target Tetap Tercapai

Penulis : Dede Nana - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

28 - Aug - 2019, 17:07

Placeholder
Kepala Bapenda Kabupaten Malang Purnadi tetap optimis target PBB-P2 tercapai di tahun 2019 (Nana)

Akhir pembayaran pajak bumi dan bangunan perdesaan dan perkotaan (PBB-P2) tinggal tiga hari lagi. Tapi, progres PBB-P2 dari 33 kecamatan yang ada di Kabupaten Malang masih terbilang jauh dari ekspektasi. Dengan konteks tenggang waktu akhir pembayaran di akhir Agustus 2019 ini.

Data dari Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Malang, mencatat, baru terdapat lima kecamatan yang telah melunasi PBB-P2 sampai saat ini. Yakni, Kecamatan Kromengan, Tirtoyudo, Tajinan, Sumberpucung dan Pagelaran.

"Di catatan kita, baru ada lima kecamatan yang lunas untuk PBB-P2. Kita apresiasi tentunya atas kerja kerasnya sehingga mampu lunas sebelum batas waktu terakhir yaitu akhir Agustus ini," kata Purnadi Kepala Bapenda Kabupaten Malang, Rabu (28/08/2019).

Artinya, dengan data tersebut masih ada 28 kecamatan dari total 33 yang ada di Kabupaten Malang, yang belum melunasi PBB-P2 sampai berita ini ditulis.

Purnadi mengatakan, untuk jumlah desa yang telah lunas ada sekitar 140 desa dari 390 desa/kelurahan. Bahkan, ada beberapa desa yang sejak Februari lalu telah lunas untuk PBB-P2 nya yaitu di desa Pangungrejo, Kecamatan Gondanglegi, desa Sukorejo, Kecamatan Tirtoyudo dan desa Sempalwadak, Kecamatan Bululawang.

"Tapi kalau basis kecamatan masih ada 5 yang seluruh desanya telah lunas," ujar mantan Kepala Dispendukcapil Kabupaten Malang ini.

Disinggung terkait target di akhir tahun, Purnadi, tetap optimis bisa tercapai. Walaupun di Agustus jejak progresnya masih terbilang kecil dan tahun 2018 lalu hanya bertengger di 98,89 persen dengan nominal Rp 64 miliar.

"Kita tetap optimis bisa tercapai 100 persen dengan kondisi seperti ini. Apalagi dengan jumlah SPPT PBB-P2 di tahun 2019 yang lebih banyak di bandingkan tahun lalunya, yaitu 1.391.163 obyek pajak (OP) dengan pokok ketetapan sebesar Rp 79,6 miliar," ungkap Purnadi.

Untuk tetap mengantisipasi tidak tercapainya target PBB-P2, pihak Bapenda Kabupaten Malang, mengingatkan dan mengimbau para camat untuk menginformasikan kepada desa di wilayahnya untuk segera melakukan pelunasan.

Pasalnya, di atas batas pelunasan yang telah ditentukan, warga sebagai wajib pajak akan dikenai sanksi sebesar 5 persen dari pokok pajak terhutang.

"Ini sebenarnya yang tidak kita harapkan. Karena wajib pajak akan kena denda sesuai aturan yang ada bila bayarnya di atas batas waktu," ujar Purnadi.

Terpisah, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Malang, Didik Budi Muljono juga menekankan hal yang sama terkait pajak. Yakni, terkait tertib bayar pajak di masyarakat, tak terkecuali dari sektor PBB-P2.

"Tentu tak bosannya kita imbau agar masyarakat tetap tertib bayar pajak. Karena pajak ini kembalinya untuk masyarakat juga. Baik untuk pembangunan di tahun depannya serta berbagai kegiatan lainnya dalam memajukan Kabupaten Malang," ucap Didik.

Harapan besar seluruh roda pemerintahan berjalan maksimal dalam pembangunan, tidak terlepas dari peran aktif masyarakat dalam membayar kewajiban pajaknya. Pasalnya, sampai saat ini pajak masih merupakan sumber pendapatan asli daerah (PAD) yang menopang jalannya pembangunan.

"Kabupaten Malang masih bertumpu pada sektor pajak dan retribusi dalam mengumpulkan pundi-pundi uang bagi PAD. Jadi lancar tidaknya pembangunan juga dipicu dari ketaatan dan tidaknya wajib pajak," ujar Didik yang juga menjelaskan di tahun 2018 lalu, PAD Kabupaten Malang ditopang oleh sektor  bea perolehan hak atas tanah dan bangunan (BPHTB), PBB-P2 dan pajak penerangan jalan.

"Hal ini memperlihatkan bahwa pajak memang sangat penting bagi pembangunan di Kabupaten Malang. Karenanya Pemkab Malang terus mengimbau masyarakat untuk taat pajak," pungkas Didik.
 

 


Topik

Pemerintahan malang berita-malang Kepala-Bapenda-Kabupaten-Malang-Purnadi Lima-Kecamatan-Lunas-PBB-P2 -Bapenda-Optimis-Target-Tetap-Tercapai



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Dede Nana

Editor

Sri Kurnia Mahiruni