Ilustrasi senam peregangan (Foto: istimewa)

Ilustrasi senam peregangan (Foto: istimewa)



Sering mengalami kelelahan di tempat kerja? Bisa jadi itu karena faktor kurang gerak lho. Bahkan, jika dibiarkan bukan tidak mungkin bakal menyebabkan tubuhmu akan mengalami gangguan yang tak kunjung reda hingga setres.

Untuk menjaga keadaan tubuh agar tetap bugar, ternyata olahraga menjadi penting untuk dilakukan. Namun bagi pekerja kantoran, biasanya untuk melakukan kegiatan ini seringkali mengalami kesulitan saat mengatur waktunya.

Padahal untuk menjaga tubuh, pekerja dapat melakukannya di sela-sela waktu bekerja lho. Jadi tidak ada alasan untuk tidak ada waktu ya. Melakukan aktivitas fisik sejenak dengan 'Senam Peregangan' ini salah satunya. Hal ini juga sebagai salah satu penerapan berperilaku hidup sehat.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang, Linda Desriwati mengatakan senam peregangan selain untuk membudayakan aktivitas fisik di tempat kerja juga memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan. Salah satunya memperlancar aliran darah.

"Karena pekerja-pekerja ini kan biasanya kerap duduk dalam keadaan yang cukup lama. Duduk saja juga bisa menyebabkan kelelahan, jadi kita harus meregangkan badan lagi supaya aliran darahnya bisa lancar lagi," ujar dia.

Menurutnya, Dinkes Kota Malang telah menganjurkan melakukan aktivitas fisik di lingkungan kerja sejak 2018 yang lalu. Kegiatan tersebut bisa dilakukan di setiap pukul 10.00 pagi dan 14.00 siang.

"Kami juga sudah melakukan ini rutin sejak tahun 2018. Setiap kali ada kegiatan, jadi pukul 10.00 sejenak berhenti dari rutinitas kerja dan melakukan peregangan. Dan tidak harus meninggalkan tempat kerja, sambil duduk pun juga tidak apa-apa," imbuhnya.

Adapun manfaatnya, yakni bisa meningkatkan kebugaran jasmani, mengurangi stres akibat kerja dan stres di lingkungan kerja, meningkatkan kualitas dan produktivitas kerja, dan membudayakan latihan fisik dan olahraga sebagai gaya hidup sehari-hari.

"Jadi di setiap tempat kerja dengan meregangkan tubuh-tubuhnya, supaya lebih rileks. Jauh lebih fresh, ada musiknya juga bebas, bisa dikreasikan sesuai keinginan, tubuh juga lebih rileks dan tidak setres," pungkas dia.


End of content

No more pages to load