Salah seorang pegawai Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang saat melakukan pengecekan kain seragam pramuka di gedung tennis indoor Jombang. (Foto : Adi Rosul / JombangTIMES)

Salah seorang pegawai Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang saat melakukan pengecekan kain seragam pramuka di gedung tennis indoor Jombang. (Foto : Adi Rosul / JombangTIMES)



Kain seragam sekolah gratis mulai dibagikan kepada para siswa SD/MI dan SMP/MTs, baik negeri maupun swasta, di Kabupaten Jombang. Kain seragam yang dibagikan sementara hanya meliputi seragam pramuka.

Pembagian kain seragam pramuka ini dimulai sejak Selasa kemarin (27/8) hingga Jumat (30/8) besok. Kain seragam tersebut diambil oleh pihak sekolah di lapangan tenis indoor Jl Kusuma Bangsa, Kecamatan Jombang.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang, Budi Nugroho mengatakan, kain seragam pramuka itu dibagikan kepada pihak sekolah untuk dibagikan kepada para siswa baru sesuai jumlah pagu di setiap sekolah.

"Untuk hari ini ada 132 MTs negeri/swasta dan 129 SMP negeri/swasta yang akan menerima. Lusa giliran SD negeri/swasta yang akan menerima. Waktu pengambilan kita bagi 4 gelombang," terang Budi saat ditemui di lokasi pengambilan kain seragam, Rabu (28/8) pagi.

Kain seragam yang akan dibagikan untuk para siswa baru di Jombang ini sebanyak 47 ribu potong kain. Setiap potong kain berukuran 160 sentimeter untuk atasan dan 120 sentimeter untuk bawahan.

Kain-kain itu  diuji lab terlebih dahulu untuk memastikan kualitasnya sebelum diberikan ke para pihak sekolah yang mengambil. "Uji lab ini ada uji kimiawi ada uji gramasi (berat kain, res) dan uji tetal kain," ungkap nya.

Tidak hanya kain seragam yang akan diberikan oleh pemerintah secara gratis kepada para pelajar. Ada kain seragam nasional dan kain seragam olahraga yang juga akan diberikan.

Namun, kain seragam nasional berwarna putih biru untuk SMP, putih merah untuk SD, serta putih hijau untuk MI masih akan menyusul. Hal tersebut lantaran pengadaan kain masih belum terselesaikan hingga hari ini.

Menurut  Budi, dua kain seragam itu akan selesai dan dibagikan September mendatang. "Semua ini sudah kontrak ya. Untuk seragam nasional ini, batas kontraknya 29 September. Kalau seragam olahraga itu 23 September. Jadi, tidak melampaui batas kontrak itu yang seharusnya kami bagikan," tandas nya.

Sementara, salah seorang guru SMP Negeri 1 Bandar Kedungmulyo, Dwi Swasono, mengatakan bahwa kain seragam ini sudah ditunggu oleh para siswanya. Ada 240 siswa baru di sekolahnya yang akan menerima kain  seragam pramuka ini.

Dwi mengatakan, selama belum dibagikan kain seragam gratis itu, para siswa masih menggunakan seragam lama atau kain seragam SD. "Selama ini yang masih menggunakan baju SD yang dipakai. Seragam baru ini sudah ditunggu-tunggu," pungkas nya.

 


End of content

No more pages to load