Pengambilan sumpah dan janji anggota DPRD Kabupaten Blitar periode 2019-2024.(Foto : Malik  Naharul/BlitarTIMES)

Pengambilan sumpah dan janji anggota DPRD Kabupaten Blitar periode 2019-2024.(Foto : Malik Naharul/BlitarTIMES)



Anggota DPRD Kabupaten Blitar periode 2019-2024 resmi dilantik dalam rapat paripurna yang digelar di Ruang Graha Paripurna Gedung DPRD Kabupaten Blitar pada Selasa (27/08/2019) siang.

Rapat paripurna dalam agenda pelantikan anggota DPRD Kabupaten Blitar ini dipimpin oleh Suwito. Dia didampingi tiga wakilnya, yakni Masykur, Hery Romadhon, dan Sugianto.

 Turut hadir pula dalam acara tersebut, Bupati Blitar Rijanto, Wakil Bupati Blitar Marhaenis Urip Widodo, jajaran Forkompinda Kabupaten Blitar, dan kepala OPD (organisasi perangkat daerah) Kabupaten Blitar.

Dari pantauan BLITARTIMES terhadap suasana rapat paripurna di Gedung DPRD Kabupaten Blitar, para pendukung dari anggota DPRD dan ketua partai nampak mendampingi anggota DPRD 2019-2024 memasuki Graha Paripurna.  

Dalam rapat tersebut, ada 50 anggota DPRD Kabupaten Blitar hasil Pemilu Legislatif tahun 2019 yang dilantik dan diambil sumpahnya oleh Ketua Pengadilan Negeri Blitar Agung Pranata.

Sebanyak 50 wakil rakyat Kabupaten Blitar tersebut terdiri dari 19 orang dari Partai Demokrasi Perjuangan (PDIP), 9 orang dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), 6 orang dari Partai Amanat Nasional (PAN), 6 orang dari Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), 3 orang dari Partai Golongan Karya (Golkar), 2 orang dari Partai Nasional Demokrat (Nasdem), 2 orang dari Partai Demokrat, 1 orang dari Partai Keadilan Sejahtera, dan 1 orang dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Sekertaris DPRD Kabupaten Blitar Izul Marom mengatakan, dari hasil rapat paripurna dan pelantikan tersebut, disepakati bahwa pimpinan sementara DPRD Kabupaten Blitar periode 2019-2024 yang terdiri dari ketu dan wakil ketua diambil dari utusan partai politik yang memperoleh kursi terbanyak pertama dan kedua.

"Untuk DPRD periode 2019-2024 Kabupaten Blitar ini,  pimpinan sementaranya dari PDIP dan dari PKB. Tugas dewan ini selama menjadi pimpinan sementara ini nanti ada tiga. Yaitu menyelenggarakan rapat-rapat, kemudian mengfasilitasi terbentuknya fraksi, mengfasilitasi penyusunan tata tertib DPRD dan mengusulkan terbentuknya pimpinan definitif," terangnya.

Sementara itu, Ketua Sementara DPRD Kabupaten Blitar Suwito dalam sambutan dan laporan kinerja menyampaikan, hasil kegiatan dewan masa jabatan 2014-2019 dalam menjalankan tugas dan kewenangan telah menghasilkan sebanyak 141 produk keputusan DPRD, meliputi persetujuan perda baik eksekutif maupun inisiatif sebanyak 58 perda dan keputusan pimpinan DPRD sebanyak 133 keputusan. Tugas sebagai pimpinan sementara nantinya akan segera dibentuk tata tertib, fraksi-fraksi dan pimpinan definitif.

"Kepada seluruh anggota DPRD Kabupaten Blitar periode 2019-2024 terpilih, yang telah dilantik pada hari ini kami sebagai pimpinan sementara mengucapkan selamat bertugas mengemban amanah sebagai wakil rakyat. Semoga kami diberi kemudahan oleh Allah untuk mengemban tugas dan amanah dari rakyat," ungkap Suwito.

Ditemui usai rapat paripurna tersebut selesai, Bupati Blitar Rijanto mengatakan, pihaknya menaruh harapan besar pada seluruh anggota DPRD Kabupaten Blitar periode 2019-2024 yang baru dilantik untuk terus meningkatkan kinerja dan inovasi-inovasi untuk kepentingan rakyat.

"Kalau periode sebelumnya bagus,  tentunya untuk periode ini ke depan harus lebih ditingkatkan. Seperti arahan gubernur Jawa Timur, para anggota dewan harus punya inovasi-inovasi untuk kepentingan rakyat. Insya Allah kalau kita bersama-sama bersinergi, membangun kemitraan yang baik,  Blitar akan semakin luar biasa," tandas bupati.


End of content

No more pages to load