Proses klasifikasi bunga Telang. (Foto istimewa)

Proses klasifikasi bunga Telang. (Foto istimewa)



Indonesia merupakan pusat keanekaragaman hayati di dunia. Salah satu spesies tanaman asli Indonesia yang potensial dikembangkan ialah bunga telang. Tanaman ini telah lama dikenal oleh nenek moyang bangsa Indonesia sebagai tanaman yang digunakan untuk mengobati sakit mata.

Namun, bunga telang mempunyai potensi lain yakni dapat dikembangkan sebagai sumber bahan baku industri pewarna alami.

Tiga Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya (FP UB) Firdausi, Regina Sotya Rahagi Praptoko, dan Atma Amanda Putri melakukan karakterisasi bunga telang sebagai bahan baku pewarna alami.

Karakterisasi ini dilatarbelakangi meningkatnya permintaan pasar terhadap bahan baku alami yang terus meningkat. "Saat ini status tanaman masih dianggap sebagai tanaman liar dan terabaikan tetapi dilakukan eksploitasi untuk diambil bunga dan bijinya tanpa adanya upaya konservasi dan peningkatan nilai ekonomis," kata Amanda. 

Di bawah bimbingan Dr. Budi Waluyo, SP.,MP, mereka melakukan identifikasi dan karakterisasi terhadap aksesi bunga telang yang dikoleksi dari Pulau Madura dan Jawa Timur. 

Aksesi ini ialah sumberdaya genetik hasil eksplorasi yang susunan genetiknya berbeda dan berasal dari ekotipe yang berbeda. "Penelitian ini merupakan hal baru yang belum pernah dilakukan sebelumnya," imbuh Amanda.

Ketiga mahasiswa ini berhasil mendiferensiasi keragaman karakter tanaman bunga telang dari aspek agronomi dan morfologi.

Aksesi-aksesi bunga telang  yang menyebar di wilayah Jawa Timur mempunyai penampilan yang berbeda, dan masing-masing bunga mempunyai kualitas warna yang berbeda dan konsetrasi warna yang bervariasi. 

Dari hasil aksesi yang telah mereka lakukan didapatkan bahwa bunga telang dengan spesies KCK dari Kediri mempunyai warna yang lebih pekat sehingga dipandang paling bagus sebagai bahan pewarna alami."Adanya variasi ini memberikan informasi bagi agroindustri dalam upaya pengembangan bahan baku pewarna alami agar memilih aksesi bunga telang yang tepat sesuai dengan kualitas warna yang diinginkan dan sesuai dengan preferensi konsumen," bebernya. 

Ke depannya diharapkan akan banyak pihak yang turut serta berperan memanfaatkan sekaligus melestarikan tanaman bunga telang sebagai pewarna alami yang aman bagi masyarakat.


End of content

No more pages to load