Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Lingkungan

Peduli Kebersihan Laut, Puluhan Orang Aksi Bersih Sampah di Ketapang

Penulis : Muhammad Hujaini - Editor : Yunan Helmy

23 - Aug - 2019, 13:49

Placeholder
Anggota Lanal Banyuwangi bersama masyarakat memungut sampah yang ada di sekitar pantai.

Ratusan orang melakukan aksi bersih-bersih sampah di kawasan pantai dan laut Ketapang, Jumat (23/8/19). Aksi ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian terhadap kebersihan pantai dan laut. Diharapkan aksi ini  bisa menginspirasi masyarakat untuk peduli kebersihan laut dan tidak lagi membuang sampah sembarangan.

Aksi sosial ini diprakarsai Pangkalan TNI AL (Lanal) Banyuwangi. Bersih-bersih sampah ini diikuti personel Lanal Banyuwangi, Polri, pelajar, pramuka, nelayan dan beberapa instansi lain. Aksi ini dimulai pukul 07.00 WIB. "Kami melaksanakan kerja bakti bersama membersihkan sampah di pantai dalam rangka HUT Ke-48  Lanal Banyuwangi," kata Komandan Lanal Banyuwangi Letkol Laut (P) Yulius Azz Zaenal.

Yulius Azz Zaenal menambahkan, bersih-bersih sampah di pantai ini di latar belakangi banyaknya sampah yang ada di laut dan pantainya. Apalagi Banyuwangi memiliki pantai yang panjang. Padahal banyak aktivitas masyarakat yang dilaksanakan di laut. "Akhir-akhir ini kita lihat sudah banyak sampah di laut. Makanya kita mengajak masyarakat sama-sama bersih-bersih pantai," ungkapnya.

Lanal Banyuwangi juga mengajak masyarakat Banyuwangi  membersihkan pantai dan peduli kebersihan pantai dan laut. Dengan pantai yang bersih, seluruh masyarakat pasti akan merasa nyaman dan senang.  Dalam jangka panjang, kalau pantai dan lautnya bersih, generasi yang akan datang pasti akan lebih baik.

Aksi bersih sampah ini dilakukan dengan menyusuri pantai Ketapang sejauh kurang lebih 500 meter. Selain di pantai, aksi bersih sampah juga dilakukan di laut dengan menggunakan perahu nelayan. Dari kegiatan itu, berhasil dikumpulkan kurang lebih dua truk sampah yang didominasi sampah plastik. "Didominasi sampah plastik seperti sedotan, kantong plastik, dan plastik bekas minuman," bebernya.

Berkaca dari banyaknya sampah yang didapatkan, Yulius Azz Zaenal kembali mengingatkan masyarakat untuk peduli kepada kebersihan pantai dan laut.  Dia mengajak masyarakat mengurangi penggunaan plastik dalam kehidupan sehari-hari. "Kita dukung program Pak Bupati untuk mengurangi penggunaan plastik. Memang tidak bisa serta merta. Tapi kita kurangi sedikit demi sedikit," pungkasnya.

Willy Lutfi Nanda, salah seorang pelajar yang mengikuti aksi bersih sampah di pantai, mengaku senang bisa ikut dalam kegiatan tersebut. Sebab dia bisa berpartisipasi membersihkan sampah khususnya yang ada di pantai dan laut. "Mari kita sama-sama menjaga kebersihan agar Lingkungan kita lestari," ujar siswa Kelas X SMKN I Kalipuro ini.

 


Topik

Lingkungan banyuwangi berita-banyuwangi bersih-bersih-sampah pantai-dan-laut-Ketapang Pangkalan-TNI-AL-(Lanal)-Banyuwangi



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Muhammad Hujaini

Editor

Yunan Helmy