Puluhan ribu peserta Hari Anak Nasional sekaligus HUT ke 69 IGTKI - PGRI saat melakukan senam massal Meraih Bintang dan Kreasi Anak Indonesia (Foto : Ashaq Lupito / MalangTIMES)
Puluhan ribu peserta Hari Anak Nasional sekaligus HUT ke 69 IGTKI - PGRI saat melakukan senam massal Meraih Bintang dan Kreasi Anak Indonesia (Foto : Ashaq Lupito / MalangTIMES)

Tidak seperti hari biasanya, puluhan ribu manusia nampak memadati Stadion Kanjuruhan, Rabu (21/8/2019). Lautan manusia ini datang  bukan untuk menyaksikan jalannya laga tim berjuluk Singo Edan Arema FC. Melainkan untuk memperingati Hari Anak Nasional sekaligus HUT ke 69 IGTKI (Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia) - PGRI.

Sedikitnya ada sekitar 21.294 orang yang mengikuti agenda kali ini. Puluhan ribu peserta ini terdiri dari anak-anak TK (Taman Kanak-kanak), wali murid siswa, Guru, dan beberapa instansi terkait juga turut dilibatkan,” kata Sunarti Sulistyowati selaku Ketua Pelaksana agenda Hari Anak Nasional dan HUT ke 69 IGTKI - PGRI.

Wanita yang juga menjadi pengurus IGTKI - PGRI Kabupaten Malang ini menambahkan, puluhan ribu peserta baik wali murid, guru pengajar hingga siswa TK tersebut, diarahkan untuk mengikuti serangkaian acara hingga berakhir. 

Di antaranya memeragakan senam massal bertajuk Meraih Bintang dan Kreasi Anak Indonesia. ”Gerakan serempak itu dipertontonkan langsung di hadapan Sekda (Sekertaris Daerah) Kabupaten Malang, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) serta para tamu undangan,” sambung Sunarti yang sekaligus menjabat sebagai Ketua IGTKI - PGRI Kecamatan Pakis.

Ditemui disaat bersamaan, Ketua IGTKI - PGRI Kabupaten Malang, Handarijanti menuturkan dalam agenda peringatan HUT IGTKI - PGRI ini, diharapkan para guru TK bisa berperan dalam memberikan sumbangsih dalam dunia pendidikan terhadap anak-anak. Terutama untuk mempersiapkan generasi bangsa dalam menghadapi dunia global seperti yang terjadi sekarang ini.

"Hal itu tercantum dalam tema peringatan HUT IGTKI - PGRI yaitu mewujudkan guru sebagai penggerak perubahan menuju Indonesia cerdas dan berkarakter," terang Handarijanti.

Demi mewujudkan guru yang berkarakter, lanjut Handarijanti, IGTKI - PGRI Kabupaten Malang bakal mengadakan pelatihan dalam bentuk workshop. Nantinya dalam agenda tersebut, para guru bakal diberikan pendidikan dasar terkait kiat-kiat untuk menjadi tenaga pendidik anak. 

”Saat ini kami sudah berkoordinasi dengan Disdik Kabupaten Malang serta instansi terkait guna menrealisasi pelatihan dalam bentuk workshop tersebut,” imbuhnya.

Di sis lain, Sekda Kabupaten Malang Didik Budi Muljono mengaku sangat mengapresiasi agenda yang digagas IGTKI - PGRI Kabupaten Malang. 

Menurutnya, dengan adanya agenda senam massal saat peringatan Hari Anak Nasional dan HUT ke 69 IGTKI - PGRI. Dinilai mampu mengarahkan anak menjadi lebih kreatif. Selain itu juga bisa meningkatkan kesadaran para peserta, akan pentingnya menjaga kesehatan jasmani.

”Kegiatan senam massal semacam ini, juga bisa menjadi sarana hiburan serta edukasi yang menyehatkan bagi para peserta yang terlibat,” tukas Didik saat ditemui awak media di sela-sela acara.