Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Kesehatan

RS dr Soebandi Bakal Jadi Rujukan Pasien Kanker

Penulis : Moh. Ali Mahrus - Editor : Yunan Helmy

19 - Aug - 2019, 12:47

Placeholder
Bupati Jember saat menyampaikan masterplan tentang Rumah Sakit dr Soebandi yang dijadikan rujukan pasien kanker wilayah timur Jawa Timur. (foto : Izza / Jatim TIMES)

Rumah Sakit dr Soebandi Jember bakal menjadi rumah sakit rujukan bagi pasien penderita kanker. Bahkan, untuk mewujudkan rumah sakit pemerintah terbesar ketiga di wilayah Jawa Timur ini,  Pemkab Jember sudah menyiapkan masterplan-nya.

Hal ini disampaikan Bupati Jember dr Hj Faida MMR saat bertemu dengan tim surveyor dari Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) bersama dengan manajemen Rumah Sakit dr Soebandi Jember.

“Ke depan, Rumah Sakit dr Soebandi akan menjadi rumah sakit rujukan penanganan pasien penderita kanker. Sudah ada masterplan untuk itu. Sebab, dalam data kami, rujukan itu jumlahnya sangat banyak dan harus jauh sekali ke Malang atau Surabaya,” terang bupati tentang latar belakang rencana tersebut.

Dengan menjadi rumah sakit rujukan, pasien dari kota lain tidak perlu jauh-jauh lagi ke Surabaya atau Malang, tapi cukup ke Jember. “Maka menjadi suatu keharusan Rumah Sakit dr Soebandi untuk bisa menjadi rujukan kanker,” ucapnya.

Lebih jauh bupati menjelaskan, rencana tersebut dicapai melalui rehab yang berlangsung sebanyak lima tahap. Pada saat ini rehab tahap pertama. ”Pada bulan Desember nanti, akan dilakukan lelang tahap kedua. Tahun berikutnya rehab tahap kedua dan ketiga direncanakan akan selesai,” terangnya.

Terkait survei akreditasi oleh tim survei KARS, bupati menyebut bahwa akreditasi di bulan Agustus bukan hal biasa. Ini menandakan bahwa saatnya mengisi kemerdekaan dengan lebih baik daripada sebelumnya.

Selain itu, bupati menyatakan yakin dan percaya bahwa Rumah Sakit dr Soebandi dikelola oleh orang-orang yang matang dan terbiasa dengan perubahan tatanan. “Buktinya, ganti bupati berapa kali, Rumah Sakit dr Soebandi masih tetap bertahan. Itu salah satu tolok ukur karena saya tahu itu tidak mudah untuk pejabat rumah sakit daerah,” katanya.

Kepada tim survei, bupati memberikan apresiasi terhadap tanggung jawab yang diemban dan mengucapkan selamat melaksanakan tugas. “Diakui atau tidak diakui, penyurvei adalah pejuang mutu dalam menjadi pahlawan mutu pelayanan kesehatan Indonesia dan menjadi salah satu bagian penting itu adalah penyurvei akreditasi,” pungkas nya. 

 


Topik

Kesehatan jember berita-jember Rumah-Sakit-dr-Soebandi-Jember- penderita-kanker Bupati-Jember-dr-Hj-Faida-MMR



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Moh. Ali Mahrus

Editor

Yunan Helmy