Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Gangguan Mesin, Satu Armada Bus Terbakar saat Melintas di Tol Mapan

Penulis : Ashaq Lupito - Editor : A Yahya

17 - Aug - 2019, 19:32

Placeholder
Situasi saat petugas kepolisian berupaya memadamkan api yang membakar bus saat melintas di Tol Mapan (Foto : Istimewa)

Peristiwa memilukan kembali terjadi di seputaran akses jalan tol yang menghubungkan Malang - Pandaan. Dikabarkan satu unit bus pariwisata terbakar saat melintas di ruas jalan bebas hambatan yang dikenal dengan istilah tol Mapan tersebut, Sabtu (17/8/2019).

”Betul, informasinya memang ada insiden bus terbakar saat melintas di kilometer 81 A tol Malang - Pandaan. Hingga saat ini belum ada laporan resmi dari pihak tol, namun informasinya insiden tersebut sudah berhasil diatasi oleh petugas kepolisian dari PJR (Patroli Jalan Raya) Ditlantas Polda Jatim yang melakukan patroli di sekitar lokasi kejadian,” kata Kanit Laka Lantas Polres Malang, Ipda Agus Yulianto.

Diperoleh keterangan, insiden bus pariwisata yang terbakar saat melintas di kawasan jalan Tol Mapan ini, terjadi sekitar pukul 07.30 WIB. Semula bus pariwisata nopol W-7104-Y, yang dikemudiakn oleh M Shokeh warga Kecamatan Buduran, Kabupaten Sidoarjo ini, melintas dari arah utara, tepatnya dari arah Surabaya menuju Malang dengan kecepatan sedang.

Setibanya di lokasi kejadian, yakni di kilometer 81 A, pengendara bus melihat dari spion kendaraan jika ada kepulan asap dari bawah dek mesin. Tidak lama berselang, muncul percikan api yang kemudian membakar sebagian body bus.

Mengetahui hal ini, pria 56 tahun itu menepikan kendaraannya dan mengarahkan seluruh penumpang agar segera keluar dari dalam bus. ”Dari informasi yang kami terima, penyebab bus terbakar lantaran mengalami disfungsi (gangguan) pada pengapian mesin bus,” sambung Agus.

Dugaan bus yang terbakar karena mesin pengapian kendaraan mengalami trouble ini, dikuatkan dengan temuan pihak kepolisian jika saat dilakukan pengecekan. Terdapat selang bensin bus yang nampak sudah tidak layak pakai. ”Diduga kuat pipa bensin mengalami kebocoran, sebelum akhirnya memicu percikan api yang berdampak pada terbakarnya bus,” terang Agus.

Petugas kepolisian PJR Ditlantas Polda Jatim yang sedang berpatroli di sekitar lokasi kejadian, langsung melakukan upaya pemadaman bus yang terbakar dengan peralatan pemadam api darurat. ”Api baru bisa dipadamkan sekitar 1 jam paska insiden terjadi,” ungkap Agus.

Dari hasil penyidikan polisi, saat insiden bus terbakar diketahui ada 20 penumpang di dalam bus pariwisata tersebut. Puluhan penumpang itu merupakan karyawan PT Eco Candi, yang beralamatkan di Sidoarjo. ”Tidak ada korban jiwa atas insiden ini. Sopir dan 20 penumpang berhasil menyelamatkan diri sesaat setelah insiden terjadi. Sedangkan untuk armada bus yang terbakar, sudah dievakuasi ke Kantor Jasa Marga Purwodadi,” pungkasnya.


Topik

Peristiwa malang berita-malang Bus-Terbakar-di-Tol-Mapan Tol-Mapan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Ashaq Lupito

Editor

A Yahya