Polsek Rogojampi sedang menyelesaikan pembuatan gapura berbahan bambu.

Polsek Rogojampi sedang menyelesaikan pembuatan gapura berbahan bambu.



Beberapa hari belakangan, jajaran Polsek di Banyuwangi sibuk membuat gapura bernuansa kemerdekaan. Ini karena Polres Banyuwangi sedang menggelar lomba pembuatan gapura. Lomba gapura ini merupakan salah satu lomba yang digelar jajaran kepolisian untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-74 Kemerdekaan RI.

Kapolres Banyuwangi AKBP Taufik Herdiansyah Zeinardi melalui Paur Humas Ipda Lita Kurniawan menyatakan, saat ini memang sedang digelar lomba pembuatan gapura dengan berbahan bambu. Bambu dipilih menjadi bahan utama karena bambu merupakan salah satu senjata tradisional yang digunakan pejuang untuk merebut kemerdekaan.

“Saat ini Polres Banyuwangi beserta seluruh jajaran polsek sedang membuat gapura tersebut secara serentak. Sebagian ada yang sudah selesai dan siap untuk dilakukan penilaian,” kata Lita Kurniawan, Jumat (16/8/19).

Lomba gapura ini, menurut Lita, harus memenuhi kategori sesuai dengan kebutuhan penilaian. Kategori penilaiannya seperti unsur keunikan, ada unsur etnis, dan perpaduan modernisasi dengan semangat perjuangan. Namun yang paling utama, harus memiliki sentuhan dan nuansa kemerdekaan.

“Kita harapkan segala ide dan kreativitas bisa dituangkan dalam pembuatan gapura ini secara maksimal. Nanti setelah dilakukan penilaian akan dipilih tiga gapura yang memiliki nilai tertinggi. Pemenangnya akan mendapatkan piala uang pembinaan,” jelasnya.

Untuk juara pertama, lanjutnya, selain mendapatkan hadiah juga akan menjadi wakil Polres Banyuwangi untuk dilombakan di tingkat Polda Jawa Timur. Sehingga untuk pemenangnya akan menjalani penilaian dua kali. Pertama dari tim Polres Banyuwangi dan selanjutnya dari tim Polda Jawa Timur.


End of content

No more pages to load