Camat dan PemDes Ampelan melepas merpati dalam rangkaian acara pawai budaya (Foto : Indra Setiawan/BondowosoTIMES))
Camat dan PemDes Ampelan melepas merpati dalam rangkaian acara pawai budaya (Foto : Indra Setiawan/BondowosoTIMES))

Agustus menjadi bulan yang penuh dengan gegap gempita peringatan kemerdekaan Bangsa Indonesia, beragam event digelar dalam rangka menyemarakkan hari jadi NKRI yang ke-74 kali ini.

Tidak terkecuali di Kecamatan Wringin, Kabupaten Bondowoso. Kecamatan yang terletak di jalur Arak-arak tersebut menggelar perhelatan pawai budaya dengan melibatkan pemerintahan desa setempat.

"Ada perwakilan dari 13 pemerintah desa di Kecamatan Wringin yang berpartisipasi dalam Pawai Budaya kali ini," ujar seorang panitia di lokasi acara.

"Semoga ini menjadi agenda tahunan yang bisa diselenggarakan secara kontinu di tahun-tahun mendatang," tambahnya.

Apresiasi positif juga disampaikan masyarakat Wringin terkait penyelenggaraan Pawai Budaya tersebut. Seperti yang dipaparkan M. Munir, Tokoh Muda Wringin.

"Kami mewakili pemuda Wringin sangat mengapresiasi kegiatan Pawai Budaya di Kecamatan Wringin. Langkah tepat yang dilakukan oleh Camat Wringin dengan turut serta memeriahkan HUT NKRI yang ke-74," ungkapnya.

Meskipun demikian, M. Munir sangat menyayangkan tidak adanya keterlibatan masyarakat sebagai peserta kegiatan.

"Melihat antusiasme warga, sangat disayangkan peserta hanya dari jajaran struktural pemerintah desa saja, tidak ada keterlibatan masyarakat luas sebagai peserta kegiatan seperti lembaga-lembaga swasta atau kelompok-kelompok pemuda. Ada yang kurang dalam penyelenggaraan tahun ini, semoga tahun depan bisa dibenahi," tegasnya ketika berada di kerumunan penonton.

Pawai Budaya tersebut diselenggarakan pada hari Rabu 14 Agustus 2019, dengan titik pemberangkatan dari lapangan Wringin menuju Balai Desa Banyu Putih.