Wakil Bupati Jember Drs KH Abdul Muqit Arief pada acara Harmoni Indonesia. (foto : Izza / Jatim TIMES)

Wakil Bupati Jember Drs KH Abdul Muqit Arief pada acara Harmoni Indonesia. (foto : Izza / Jatim TIMES)



Wakil Bupati Jember Drs KH A. Muqit Arief ingin kegiatan Harmoni Indonesia mampu menggerakkan kepribadian generasi muda dalam mempertahankan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Kami berharap kegiatan Harmoni Indonesia menjadi sesuatu yang menggerakkan kepribadian generasi muda di Jember dalam rangka mempertahankan keutuhan NKRI,” kata wabup di Ponpes Al Qodiri.

Harmoni Indonesia merupakan kegiatan yang digagas oleh pemerintah pusat untuk memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia. Di Jember, kegiatan ini diselenggarakan di Ponpes Al Qodiri dengan mengusung tema “Pancasila: Jiwa dan Kepribadian Bangsa Indonesia.”

Harapan wabup itu berangkat dari kondisi Indonesia sebagai negara yang sangat beraneka ragam dari berbagai aspek seperti  bahasa dan budaya.

Sebuah negara besar dengan populasi penduduk lebih 260 juta jiwa ini, lanjut wabup, sangat memerlukan sebuah pengikat untuk membina kesatuan bangsa. “Kalau tidak, NKRI akan dipertanyakan keberlanjutannya,” ujar  pria yang juga pengasuh Ponpes Al Falah Silo ini.

Generasi muda sebagai penerus kepemimpinan di masa depan, menurut wabup, memiliki peran sebagai pengikat itu. “Harus dijawab dengan aktivitas nyata dari generasi muda,” ucapnya.

Menurut wabup, mempertahankan keutuhan NKRI menjadi sangat penting. Ini karena disadari atau tidak, nilai-nilai budaya bangsa sekarang  mengalami pergeseran-pergeseran, terutama di kalangan generasi muda.

Wabup pun mengingatkan pesan Presiden RI Ir Joko Widodo tentang tugas semua pihak untuk merekatkan kembali kehidupan berbangsa dan bernegara akibat pergeseran nilai-nilai budaya itu dengan berbagai persoalan yang saat ini sedang dihadapi bangsa Indonesia.

Dalam kesempatan tersebut, pengasuh Ponpes Al-Qodiri Jember KH Achmad Muzzaki Syah juga mengungkapkan, ia bersama para santri selalu mendoakan pemerintah, utamanya Pemerintah Kabupaten Jember.

“Bersama Kiai Muzzaki,  bersama pemerintah, mari berdoa dan berzikir bersama, membangun Indonesia dengan lillahita’ala, supaya Indonesia lebih makmur. Saya dilahirkan di Indonesia, berjuang untuk Indonesia, dan adanya Al-Qodiri untuk anak bangsa Indonesia” ujar Kiai Muzzaki. 

 


End of content

No more pages to load