Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pendidikan

Diikuti 1.000 Lebih Peserta, KSM Jatim Hari Ini Dipusatkan di Jalan Bandung

Penulis : Imarotul Izzah - Editor : Yunan Helmy

15 - Aug - 2019, 08:02

Placeholder
Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Malang Mukhtar Hazawawi. (Foto: Imarotul Izzah/MalangTIMES)

Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tingkat Provinsi Jawa Timur Tahun 2019 yang digelar Kamis ini (15/8/2019) difokuskan di Jalan Bandung Kota Malang dan MAN 1 Kota Malang.

Hal ini dinyatakan oleh Kepala Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Malang Mukhtar Hazawawi saat ditemui usai acara pembukaan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tingkat Provinsi Jawa Timur Tahun 2019. "Acara KSM  Kamis kami pusatkan di Jalan Bandung dan MAN 1," ucapnya.

KSM Provinsi Jawa Timur dikuti oleh 1.254 peserta dari 38 kabupaten/kota se-Jawa Timur. Terdiri atas 6 siswa MI tiap kabupaten/kota, 9 peserta MTs tiap kabupaten/kota, dan 18 peserta MA tiap kabupaten/kota. Tema dari KSM tahun ini adalah Integrasi Sains dan Islam menuju Madrasah Hebat Bermartabat.

Dalam KSM tersebut, semua mata pelajaran yang tergolong sains dilombakan. Kompetisi ini, menurut Mukhtar, terbuka bukan hanya untuk peserta di lingkungan Kementerian Agama.

"Tetapi untuk Diknas juga boleh masuk. Begitu sebaliknya, OSN (Olimpiade Sains Nasional) yang di bawah Kemendiknas itu, Kementerian Agama juga ikut. Jadi, sudah fair. Dan banyak juga yang mendapat juara," ucapnya.

Jadi, lanjut dia, saat ini sudah bukan zamannya pengotak-kotakan antara Kemenag dan Kemendikbud. Tetapi, yang penting sudah kompetitif keunggulan. "Cuma bedanya kalau di Kemenag itu ada kata integrasi Islam," imbuhnya.

Seperti yang diketahui, nomenklatur Kementerian Agama adalah sekolah umum berjenjang agama. "Makanya bagaimana sains itu diintegrasikan dengan Islam. Kemudian di situ ada nilai-nilai ruhnya dan nilai-nilai sainsnya," lanjutnya.

Ribuan peserta itu (beserta pendampingnya) menginap di hotel-hotel dan guest house-guest house di Kota Malang.

Untuk target sendiri, Mukhtar menyatakan bahwa Kota Malang sebagai tuan rumah bertekad jadi juara. "Kita kan mengusung jargon unggul dan berprestasi, yang ini harus dikawal. Karena karakter Kemenag di madrasah itu adalah karakter keunggulan. Bukan lagi hanya penyeimbang, tapi harus menjadi terdepan," pungkasnya.

 


Topik

Pendidikan malang berita-malang Kompetisi-Sains-Madrasah-Jatim Kemenag-Kota-Malang Mukhtar-Hazawawi



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Imarotul Izzah

Editor

Yunan Helmy