Wakil Ketua DPRD Adib Makarim (foto : Joko Pramono/Jatim Times)

Wakil Ketua DPRD Adib Makarim (foto : Joko Pramono/Jatim Times)



DPRD Tulungagung langsung membentuk panitia pemilihan wakil bupati Tulungagung setelah pelantikan Maryoto Birowo sebagai bupati definitif Tulungagung. Pengumuman angota panitia pemilihan ini dilakukan dalam siding paripurna DPRD, Rabu (14/8/19) di gedung DPRD.

Anggota pemilihan berjumlah 15 orang yang berasal dari 8 fraksi yang ada. Nama-nama anggota panitia itu antara lain Supriyono, Suharminto, Suprapto, Agus Budiyanto, Adib Makarim,Ahmad Burhanudin, Abdulloh Ali Munib, Mashud, Imam Kambali, Muti’in, Michael Utomo, Imam Khoirudin, H. Ponidi, Sofyan Heriyanto, dan Andriyano.

“Sesuai tatib (tata tertib) kami setelah pelantikan bupati definitif, DPRD sesuai amanat perundang-undangan, 15 hari sejak pelantikan harus membentuk kepanitian (pemilihan wakil bupati),” ujar Wakil Ketua DPRD Adib Makarim.

Selanjutnya akan dibentuk struktur kepanitiaan dan rencana pemilihan wakil bupati yang akan dipilih langsung oleh anggota DPRD, serta menetukan hari pemilihan wakil bupati. “Pencoblosan dilakukan oleh anggota DPRD semuanya,” ujar Adib.

Panitia juga akan mendesain surat suara yang akan digunakan dalam pemilihan wakil bupati serta menentukan aturan jika ada jumlah suara yang sama dalam pemilihan wakil bupati.

Pencoblosan paling lambat dilakukan 30 hari mendatang. Jika belum terlaksana, maka bisa diperpanjang hingga 30 hari ke depan.

Sementara itu, Ketua DPC PDI Susilowati mengatakan hingga saat ini pihaknya masih menunggu petunjuk dari DPP PDIP. Meski begitu pihaknya akan mengusukan beberapa nama walaupun nantinya keputusan akhir berada di tangan DPP. 

“Secara kewenangan penuh nanti tetap dari DPP,” ujar wanita berjilbab tersebut. Jika bisa, lanjut Susilowati wakil bupati yang terpilih nantinya berasal dari internal PDIP.

 


End of content

No more pages to load