Anggota rutan ikuti perlombaan dengan serius
Anggota rutan ikuti perlombaan dengan serius

Langkah Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Kabupaten Trenggalek ini layak diacungi jempol. Betapa tidak.  Untuk meningkatkan keimanan dan pengetahuan tentang ilmu agama Islam, rutan menggelar lomba cerdas cermat. Lomba diikuti oleh puluhan warga binaan yang berada dalam Rutan Trenggalek.

Kasubsi Pelayanan Tahanan Rutan Trenggalek Adi Santosa menuturkan kegiatan ini merupakan salah datu upaya Rutan Trenggalek untuk memperdalam iman dan ketakwaan terhadap Tuhan.

"Setiap hari mereka mendapatkan pembinaan agama Islam. Supaya kita dapat melakukan evaluasi seberapa jauh  pendalaman mereka terhadap agama Islam," ungkapnya, Selasa (13/08/19).

Adi menambahkan, kegiatan ini merupakan serangkaian peringatan HUT Ke-74. Jadi, juga ada perlombaan lainnya.

 Sementara, lomba cerdas cermat ini diikuti oleh masing-masing perwakilan kamar tahanan. "Satu kelompok terdiri dari tiga orang warga binaan dari masing-masing kamar. Jadi, ada 17 kelompok yang mengikuti perlombaan," kata Adi.

Murani, salah satu penghuni rutan, mengaku tidak menemukan kesulitan saat mengikuti perlombaan tersebut. "Yang bisa kami ambil dari makna kegiatan ini adalah kami bisa saling berkoordinasi dan meningkatkan pengetahuan dalam pembelajaran  warga binaan," pungkas dia.