Kelompok mahasiswa UNU Blitar yang menghasilkan minuman bernutrisi dari melinjo

Kelompok mahasiswa UNU Blitar yang menghasilkan minuman bernutrisi dari melinjo


Editor

Heryanto


Mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Blitar yang tergabung dalam kelompok Program Kreativitas Mahasiswa-Kewirausahaan (PKM-K) membuat inovasi dari buah melinjo menjadi minuman kesehatan.

“Inovasi ini diawali dari rasa penasaran terkait banyaknya informasi mengenai olahan melinjo yang dapat menyebabkan asam urat. Mahasiswa kemudian melakukan penelitian dan menghasilkan produk minuman bernutrisi dari melinjo,” ungkap Lestariningsih selaku dosen pembimbing penelitian, Selasa (13/8/2019).

Dikatakannya, dalam penelitian yang didanai Kemenristekdikti itu mahasiswa UNU meneliti kenapa olahan melinjo dapat menyebabkan asam urat. 

Penelitian dilakukan 5 mahasiswa yakni M. Khoirul Abidin, Ahmad Drajat A, Ermawati, M. Sabiqun Nada dan Andi setiawan. 

Penelitian dilakukan selama kurun waktu 3 bulan terhitung dari bulan April hingga Juli 2019. 

Hebatnya, dalam kurun waktu 3 bulan para mahasiswa sukses menghasilkan olahan produk Melinjo Celup Rendah Asam Urat (Mecel Darat).

Penelitian tersebut didasari penelitian Institut Pertanian Bogor (IPB) jurusan Departemen Biokimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), bahwa ekstrak etanol kulit melinjo dapat merendahkan kadar asam urat.

“Hasil penelitian IPB diperoleh hasil ekstrak etanol kulit melinjo dapat merendahkan asam urat. Dan maraknya informasi mengenai melinjo dapat menyebabkan asam urat kami membuat produk yang berbahan dasar melinjo dengan pencampuran kulit melinjo sehingga muncul harapan minuman yang kami produksi mempunyai kandungan rendah asam urat,” papar Andi Setiawan, salah satu mahasiswa yang melakukan penelitian.

Lebih dalam Lestariningsih selaku dosen pembimbing penelitian berharap produk Mecel Darat yang dihasilkan mahasiswa UNU Blitar bisa menjadi peluang bisnis bagi masyarakat. 

Produk hasil penelitian ini juga diharapkan mmebuat orang tak lagi takut mengkonsumsi melinjo.Produk ini mendapat sambutan positif dari konsumen. 

Yusuf, salah satu mahasiswa UNU Blitar menilai produk minuman Mecel Darat selain rasanya enak khas melinjo juga praktis disajikan.

“Minuman Mecel Darat ini mempunyai rasa khas melinjo dan penyajiannya juga cukup mudah,” pungkas Yusuf.(*)


End of content

No more pages to load