Mansyur saat menerima kontak sepeda motornya dari Kapolres Jember (foto : Moh. Ali Makrus / JatimTIMES)
Mansyur saat menerima kontak sepeda motornya dari Kapolres Jember (foto : Moh. Ali Makrus / JatimTIMES)

Tidak hanya berhasil mengamankan pelaku pencurian sepeda motor beserta barang buktinya (BB), saat menunjukkan pelaku di hadapan media, Kapolres Jember AKBP. Kusworo Wibowo SH. SIK. MH juga menyerahkan sepeda motor yang dicuri komplotan Abdul Aziz cs kepada pemiliknya.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Bapak Kapolres Jember dan jajarannya, yang telah menemukan sepeda motor saya, dan ini pengalaman saya yang pertama kehilangan sepeda motor, sekarang sudah ketemu dan diberikan kepada saya tanpa ada biaya, sekali lagi saya mengucapkan terima kasih Pak,” ujar Mansyur warga Dusun Klonceng Desa Patemon Pakusari.

Mansyur mengatakan, bahwa sepeda motornya hilang saat dirinya bekerja di sawah, pada bulan Juli lalu, kemudian dirinya melaporkan kasus pencurian ini ke Mapolsek, dan sepeda motornya berhasil ditemukan setelah 1 bulan.

Sementara Kapolres Jember AKBP. Kusworo Wibowo, SH. SIK. MH., pada kesempatan tersebut mengatakan, bahwa penyerahan BB kendaraan kepada pemiliknya sifatnya sementara, karena kendaraan tersebut digunakan untuk bekerja, namun ketika dibutuhkan saat persidangan, agar pemilik juga kooperatif dan membantu petugas.

“BB Kendaraan ini kami berikan kepada pemiliknya tanpa ada biaya, sifatnya pinjam pakai dulu, sampai proses hukum pelaku selesai, selama proses hukum berjalan, dan BB kendaraan sewaktu-waktu dibutuhkan, kami minta pemilik untuk kooperatif membantu aparat,” ujar Kapolres.

Kapolres juga menghimbau kepada masyarakat, agar selalu menjaga barang berharganya, agar tidak menjadi korban tindak pidana, namun meski demikian, jika ada warga yang menjadi korban pencurian, agar melaporkan ke polsek terdekat.

“Laporan warga yang kehilangan barang seperti kendaraan bermotor, akan sangat membantu tugas kepolisian dalam mengungkapnya, sehingga warga tidak takut untuk melapor, tentu selain itu warga juga mewaspadai aksi pencurian dengan ikut menjaga lingkungannya,” pungkas Kapolres. (*)