Ilustrasi layanan service yang diberikan Auto2000 Singosari. (Foto: Dokumen MalangTIMES)

Ilustrasi layanan service yang diberikan Auto2000 Singosari. (Foto: Dokumen MalangTIMES)



Baru beroperasi akhir 2018 lalu, Auto2000 Singosari terus memacu penjualan dengan memanfaatkan digital marketing. Pasalnya, dealer resmi Toyota yang berlokasi di Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang itu tengah menyasar pasar milenial.

Kepala Cabang Auto2000 Singosari, Radityo Wicaksono mengungkapkan bahwa pasar otomotif di wilayah Malang Raya dan sekitar terus mengalami perkembangan positif. "Meski baru buka sekitar 10 bulan, sales (penjualan) kami rata-rata mencapai 95 persen dari target. Pada Juli 2019 lalu, total closing (terjual) 30 unit mobil dari target bulanan 35 unit," ujar Radit, sapaan akrabnya. 

Dari unit-unit yang terjual, Radit mengaku mobil-mobil mini multi purpose vehicle (MPV) seperti Toyota Avanza dan Innova masih menjadi favorit. "Dominasi penjualannya masih Avanza dan Innova, lalu disusul Agya dan Rush," terangnya. Walaupun, Radit memprediksi nantinya pasar city car juga akan semakin meningkat di Malang Raya.

Radit menguraikan, hampir 100 persen penjualan yang dicapai berasal dari market digital. "Jadi memang sales kami saat ini memaksimalkan media sosial. Sudah jarang sekali, hampir tidak ada yang orang datang ke dealer cari mobil. Mereka menjaring konsumen, laporan, sampai proyeksi pemasaran langsung pakai gadget," tuturnya.

Tak hanya itu, untuk memaksimalkan komunikasi pada milenial pihaknya merekrut sales-sales marketing yang berusia muda. "Penampilan mau nggak mau juga berpengaruh kan. Sales kami saat ini semua under (di bawah usia) 30 tahun. Juga nggak lagi pakai celana hitam dan kemeja batik yang so called (kerap disebut) seragam sales," tambahnya. 

Untuk pelayanan vehicle service part (VSP), body repair dan body paint (BP) pun, lanjut Radit, pihaknya memaksimalkan aplikasi Auto2000 Mobile. Setiap konsumen akan terkoneksi dengan aplikasi. Sehingga, fitur-fitur reminder (pengingat) untuk service rutin juga akan diterima konsumen secara otomatis.

"Keberadaan aplikasi ini sekaligus juga berdampak pada customer engagement (keterlibatan konsumen) untuk terus memanfaatkan layanan kami," sebutnya.

Service Head Auto2000 Singosari, Tony Kusharjono menambahkan bahwa keberadaan aplikasi juga sangat memudahkan pelanggan melakukan service. 

"Dari target harian 14 unit per hari, sekarang kami melayani rata-rata 19-23 unit sehari atau melampaui target. Salah satunya terpacu layanan service ekspres 8 jam," ungkapnya. 


End of content

No more pages to load