Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Ekonomi

Momen Kemerdekaan, Pengerajin Piala Tropi di Jombang Raup Untung Miliaran Rupiah

Penulis : Adi Rosul - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

08 - Aug - 2019, 15:00

Placeholder
Sejumlah karyawan home industri piala tropi milik Cahyo Setyo terlihat sedang merakit piala. (Foto : Adi Rosul / JombangTIMES)

Piala (Trophy) kerap kali dibutuhkan dalam perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia sebagai hadiah berbagai perlombaan untuk memeriahkan 17 Agustusan. Di Jombang, pengerajin piala kebanjiran omzet hingga miliaran rupiah.

Berkah di hari kemerdekaan Republik Indonesia itu dirasakan oleh seorang pengerajin piala di kota santri Cahyo Setyo (42).

Di kediamannya Jalan Halmahera, Kelurahan Kaliwungu, Kecamatan Jombang Cahyo melayani permintaan piala untuk hadiah lomba Agustusan. Dengan dibantu 60 karyawan, bapak dua anak ini bisa merakit 500 biji piala dengan berbagai macam ukuran.

Dikatakan Cahyo, khusus di bulan Agustus ini, permintaan piala buatannya sudah mencapai 100 ribu biji. Permintaan tersebut meningkat dibanding hari biasanya yang hanya menerima permintaan piala sejumlah 200-300 biji per-hari.

"Menjelang Agustus ini bisa meningkat hingga 80 persen," ujarnya saat diwawancarai di kediamannya, Kamis (8/8).

Piala buatan Cahyo ini bervariasi, mulai berbahan plastik hingga logam. Harga pun juga bervariasi, mulai dari harga Rp 10 ribu hingga Rp 1,5 juta, tergantung ukuran piala.

Tidak tanggung-tanggung, omzet penjualan piala buatan Cahyo ini dalam sebulan bisa mencapai ratusan juta. Terlebih lagi di momen Agustus, omzet piala mencapai miliaran rupiah.

"Untuk omzet satu bulan, kalau kita bikin rata-rata satu hari kita target 4-5 ribu biji kita bisa sampai Rp 500 juta hingga Rp 1 miliar dalam satu bulan. Kalau Agustus ini lebih meningkat lagi karena setiap daerah membutuhkan piala tropi. Kalau Agustus bisa sampai Rp 1 miliar lebih," bebernya.

Piala buatan Cahyo ini, sering kali dipesan dari berbagai kota di seluruh Indonesia. Bahkan, orderan piala juga datang dari luar negeri.

"Alhamdulillah untuk usaha tropi ini bisa hampir melayani 85 persen kota di Indonesia. Rata-rata dari reseller, dari toko-toko, dan juag EO (Event Organizer), dan juga guru-guru TK (Taman Kanak-Kanak). Paling jauh kita sudah kirim ke Hongkong," tandasnya.

Sementara, salah satu pelanggan Nur Huda mengaku setiap tahunnya selalu memesan piala tropi ke home industri milik Cahyo tersebut.

Untuk Agustus 2019 ini, Huda telah memesan piala untuk murid TK di Kecamatan Sumobito, Jombang sebanyak 1.320 piala. Piala itu untuk hadiah lomba mewarnai, lomba permainan tradisional dan lomba karnaval 17 Agustus di tingkat Kecamatan Sumobito.

"Tidak hanya tiap tahun, bahkan tiap bulan saya pesan di sini. Harganya murah, kualitasnya juga sama dengan di toko-toko. Kualitasnya bagus," terang Huda yang juga menjabat sebagai Kepala Seksi Olahraga dan Seni IGTKI (Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia) Kabupaten Jombang.(*)


Topik

Ekonomi jombang berita-jombang perayaan-Hari-Kemerdekaan-Republik-Indonesia- pengrajin-piala-untuk-banyak Event-Organizer



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Adi Rosul

Editor

Sri Kurnia Mahiruni